Kalsel

Terdampak La Nina, Hujan di Kalsel di Atas Normal

apahabar.com, BANJARBARU – Dilanda La Nina, masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) perlu mewaspadai hujan lebih dari batas…

Featured-Image
Ilustrasi badai hujan akibat La Nina. Foto-DOK Indopos

bakabar.com, BANJARBARU – Dilanda La Nina, masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) perlu mewaspadai hujan lebih dari batas normal.

Pasalnya, Kalsel termasuk salah satu wilayah yang terdampak La Nina.

La Nina sendiri adalah kondisi anomali suhu permukaan laut samudera pasifik tropis bagian tengah dan timur yang lebih ringan daripada kondisi normalnya.

“Untuk saat ini La Nina masih berlangsung, dan kalsel salah satu yang terkena dampak La Nina tersebut,” ujar Staff Forecaster BMKG Syamsudin Noor, shaaim, saat dihubungi bakabar.com, Sabtu (24/10/2020).

Sebab itu, tidak menutup kemungkinan Kalsel akan mengalami hujan berturut meski sedang musim kemarau.

Shaaim mengatakan, La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah.

“Dampak La Nina terhadap curah hujan di Indonesia tidak seragam, baik secara spasial maupun temporal, bergantung pada musim atau bulan, wilayah, dan kekuatan La Nina sendiri,” jelasnya.

Aktivitas La Nina di Kalsel berkontribusi signifikan terhadap pembentukan awan hujan.

Begitupun di wilayah lainnya yang terdampak La Nina.

“Kami mengimbau untuk masyarakat Kalsel, agar lebih berhati-hati terhadap dampak hujan yang ditimbulkannya, karena dapat menyebabkan jalanan licin dan tergenang serta pohon tumbang,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner