Nasional

Tercatat 7 Kali Letusan, Status Gunung Merapi Masih Waspada Level II

apahabar.com, LUMAJANG – Terhitung sudah 7 kali Gunung Semeru meletusan. Peristiwa itu tercatat pada periode Jumat…

Featured-Image
Aktivitas Gunung Semeru tercatat sempat 7 kali meletus. Foto-net

bakabar.com, LUMAJANG – Terhitung sudah 7 kali Gunung Semeru meletusan. Peristiwa itu tercatat pada periode Jumat (5/12) sejak pukul 00.00 hingga 24.00 WIB.

Akibat letusan itu, Gunung Semeru dilaporkan kembali meluncurkan guguran awan panas. Bahkan hingga sejauh 1.500 meter mengarah ke tenggara atau kawasan curah kobokan.

Selain 7 kali sempat meletus, berdasarkan dari data pos pengamatan gunung api (PGA) Semeru tercatat awan panas guguran satu kali, guguran 17 kali, tremor harmonik tiga kali dan tektonik jauh tiga kali.

Meski begitu gunung api tertinggi di Pulau Jawa ini statusnya hingga kini masih waspada level II.

“Perkembangan Semeru tanggal 5 dini hari sempat terjadi awan panas guguran sejauh 1,5 KM dari puncak. Status Gunung Semeru masih waspada level II,” ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo dilansir detikcom, Minggu (6/12/2020).

Mesk luncuran awan panas tersebut masih jauh dari pemukiman warga, namun masyarakat diimbau waspada.

Terutama agar tidak melakukan aktivitas di radius 1 KM dan wilayah sejauh 4 KM di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif.

Kawah ini yang merupakan kawah aktif Gunung Semeru sebagai jalur luncuran awan panas.

Selain itu, masyarakat tetap mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

“Jadi BPBD mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Semeru tidak melakukan aktivitas sejauh 4 KM di sektor lereng selatan-tenggara serta mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar,” ujar Wawan.

Sekadar catatan, Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia.
Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut.



Komentar
Banner
Banner