Kabar Haji 2023

Terbanyak se-Indonesia: 30 Jemaah Embarkasi Surabaya Meninggal Dunia

Embarkasi Haji Surabaya mencatat angkat terbanyak jemaah yang meninggal dunia di Arab Saudi. Hingga kini, jumlahnya 30 orang.

Featured-Image
30 jemaah haji embarkasi Surabaya meninggal di tanah suci (23/6). Foto: Dok Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES)

bakabar.com, SURABAYA - Embarkasi Haji Surabaya mencatat angkat terbanyak jemaah yang meninggal dunia di Arab Saudi. Hingga kini, jumlahnya 30 orang.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama RI, ada 118 jemaah haji Indonesia yang meninggal di Arab Saudi. 24 persennya berasal dari Jawa Timur.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram mengkonfirmasi hal itu. Menurut catatan, sembilan jemaah meninggal di Madinah, 20 di Mekkah dan satu di Jeddah.

Baca Juga: Embarkasi Surabaya Selesai, 23 Jemaah Haji Gagal Berangkat

Lebih rinci, 20 orang di antaranya adalah laki-laki, sisanya perempuan. Dengan rentang usia mulai dari 41 tahun hingga 75 tahun ke atas.

"Penyebab meninggalnya para jemaah haji karena sakit. Seperti serangan jantung, stroke dan sesak nafas. Semuanya telah dimakamkan di Tanah Suci," ujar Husnul, Jumat (23/6) malam.

Baca Juga: Kemenag Pastikan Jemaah Calon Haji yang Meninggal Dapat Asuransi

Embarkasi Surabaya sendiri sudah menuntaskan keberangkatan haji, Jumat malam. Total 38.359 jemaah. Mereka diberangkatkan dalam 88 kloter.

"Termasuk 1.411 orang di antaranya adalah jemaah kuota tambahan asal Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur," imbuhnya.

Biar tahu saja. Tahun ini ada 23 calon jemaah haji yang gagal berangkat di Embarkasi Surabaya. Empat orang di antaranya karena hamil. Sisanya sakit. 

Editor


Komentar
Banner
Banner