Hot Borneo

Terbaik! 2 Pelajar Kalsel Lolos Seleksi Paskibraka Nasional

Dua pelajar SMA Negeri Kalimantan Selatan (Kalsel) ini lolos menjadi Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) tingkat nasio

Featured-Image
Seleksi Paskibraka tingkat nasional di Banjarmasin. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Meraih rangking pertama seleksi, 2 pelajar SMA Negeri di Banjarmasin dan Marabahan lolos menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional.

Mereka adalah Ahmad Faddillah Rahmadani asal SMA Negeri 1 Marabahan, dan Ela Noval Putri Ghufur asal SMA Negeri 6 Banjarmasin.

Keduanya akan bergabung bersama tim Paskibraka se-Indonesia di Istana Presiden RI untuk mengibarkan bendera pusaka merah putih pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Sekretaris Purna Paskibraka Indonesia Kalimantan Selatan, Ary Ilham Noor mengatakan seleksi ketat dilalui 90 peserta dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel selama 3 hari sejak 9 Mei 2023 di Hotel Rodhita dan Stadion Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

"Dari tes fisik calon anggota Paskibraka, tes wawasan kebangsaan, intelegensia umum, kesemaptaan, peraturan baris-berbaris hingga tes kepribadian," ucap Ary kepada bakabar.com, Sabtu (13/5).

Selain dua peserta rangking satu yang lolos ke tingkat nasional tersebut, dua peserta lainnya juga terpilih sebagai cadangan nasional.

Di antaranya M Andriya Ramadhani asal SMAN 1 Kandangan dan Nazwa Daniella Adriani asal SMAN 2 Banjarbaru.

Sementara itu, Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa pada Badan Kesbangpol Kalsel, Nurul Kartini mengatakan tahap seleksi yang berlangsung selama 3 hari tersebut sebelumnya dibuka resmi oleh Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar mewakili Gubernur Sahbirin Noor. 

"Seleksi dilaksanakan oleh tim juri, Ketua Dewan Juri DR Ir H Untung Bijaksana, dan dimonitor langsung oleh tim pusat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yakob K M Ismail, Garnisun Tetap 1 Jakarta Letkol (Mar) Afin Dudun A dan Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) Aria Wibisana," jelasnya.

Nurul juga menyampaikan sebelum tahap seleksi peserta, calon Paskibraka melakukan pendaftaran secara online melalui laman web yang telah tersedia.

"Hal itu dilakukan agar proses penerimaannya berjalan secara transparan, akurat dan akuntabel. Proses seleksinya pun dapat pendampingan pengawasan dari pusat," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner