Piala Dunia 2022

Tekuk Polandia, Argentina Tantang Australia di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Kemenangan meyakinkan dibukukan Argentina atas Polandia di matchday pamungkas grup C Piala Dunia 2022, Kamis (1/12).

Featured-Image
Tanpa gol Lionel Messi, Argentina mengalahkan Polandia untuk melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Foto: CNN

bakabar.com, DOHA - Kemenangan meyakinkan dibukukan Argentina atas Polandia di matchday pamungkas grup C Piala Dunia 2022, Kamis (1/12). Hasil ini mengantar Albiceleste ke babak 16 besar untuk meladeni Australia.

Bermain di Stadium 974, Argentina tampil penuh determinasi sejak menit pertama. Lionel Messi menciptakan on target pembuka di menit 6 lewat tembakan dari luar kotak penalti.

Menerima umpan dari lini tengah, Messi lebih dulu menggiring bola mendekat kotak penalti sebelum melepas tembakan kaki kanan. Namun bola mudah diamankan kiper Wojciech Szczesny.

5 menit berselang, Messi kembali menebar ancaman serius, setelah berhasil menembus sisi kiri kotak penalti dan melepas tembakan. Pun usaha ini dapat diblok Szczesny.

Argentina juga mendapat peluang di menit 17 melalui Marcos Acuna. Usai menembus sisi kiri kotak penalti, sepakan Acuna masih melambung tinggi.

Argentina yang mendominasi serangan membuat Polandia kesulitan mengembangkan permainan. Robert Lewandowski tak mampu berbuat banyak, karena jarang mendapat suplai.

Beberapa menit berselang, Julian Alvarez mendapat dua kesempatan. Namun upaya yang diperoleh di menit 29 dan 36, semuanya tidak membuahkan gol.

Argentina memperoleh hadiah penalti di menit 39, setelah Messi dilanggar Szczesny. Namun Messi yang langsung menjadi eksekutor, kembali gagal menaklukkan Szczesny.

Namun kejelian Szczesny rontok di menit 47, setelah Alexis Mac Allister berhasil membawa Argentina memecah kebuntuan.

Gol berawal dari aksi bek Nahuel Molina yang mengirimkan umpan silang. Bola kemudian disambut Alexis Mac Allsiter dengan tendangan kaki kanan.

Argentina memperbesar keunggulan di menit 67 melalui Julian Alvarez. Dalam kawalan dua pemain lawan, Alvarez bisa mengarahkan umpan pendek Enzo Fernandez ke tiang jauh.

Polandia nyaris kebobolan lagi di menit 85, setelah Matty Cash salah mengumpan. Akibatnya bola jatuh ke kaki pemain pengganti Lautaro Martinez.

Akan tetapi Martinez gagal memberikan penyelesaian akhir terbaik. Dari sudut sempit, tembakan penyerang Inter Milan itu masih sedikit melenceng.

Di injury time babak kedua, Polandia nyaris kebobolan lagi andai Jakub Kiwior gagal menyapu sepakan lob Nicolas Tagliafico yang mengarah ke gawang.

Hingga pertandingan berakhir, skor tidak berubah. Argentina pun melenggang ke babak 16 besar sebagai pemuncak grup C dengan 6 poin.

Anak asuk Lionel Scaloni tersebut akan menghadapi Australia di babak 16 besar, Minggu (4/12). Adapun Australia merupakan runner up Grup D di bawah Prancis.

Sedangkan Polandia menjadi runner up dengan 4 poin, atau unggul selisih gol atas Meksiko yang mengemas poin sama di peringkat ketiga. Selanjutnya Robert Lewandowski cs akan meladeni Prancis di babak 16 besar.

Meksiko sendiri sudah berusaha keras untuk lolos, karena mampu mengalahkan Arab Saudi di matchday terakhir. El Tri meraih kemenangan 2-1 lewat gol Henry Martin dan Alexis Vega di babak kedua, sebelum diperkecil Salem Al Dawsari di injury time.

Editor


Komentar
Banner
Banner