Porprov XI Kalsel

Tanpa Dayung, Bisa Apa Batola di Porprov XI Kalsel 2022?

Pertanyaan besar menggelayuti keberangkatan atlet-atlet Barito Kuala ke Porprov XI Kalimantan Selatan 2022 di Hulu Sungai Selatan (HSS).

Featured-Image
Bupati Hj Noormiliyani seusai menyerahkan bendera kontingen kepada Ahmad Wahyuni selaku Chief de Mission (CdM) Batola di Porprov IX Kalsel. Foto: Prokopim Batola

bakabar.com, MARABAHAN - Pertanyaan besar menggelayuti keberangkatan atlet-atlet Barito Kuala ke Porprov XI Kalimantan Selatan 2022 di Hulu Sungai Selatan (HSS).

Keberangkatan atlet-atlet Bumi Selidah ke Porprov XI resmi dilepas Bupati Hj Noormiliyani AS, Senin (31/10), bersamaan dengan 38 paralimpian yang akan bertanding di Peparprov IV.

Dari 42 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porprov 2022, Batola mengikuti 20 cabang olahraga dengan jumlah atlet 146 orang.

Namun dari 20 cabang olahraga tersebut, tak termasuk dayung dan menembak yang menjadi andalan Batola di berbagai kejuaraan. Diketahui kedua cabang ini tak dipertandingkan di Porprov 2022.

Lantas muncul pertanyaan bagaimana potensi prestasi yang mampu diraih Batola di Porprov 2022? Berkaca dari hasil Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) 2021, Batola berpotensi kehilangan banyak medali.

Dari Kejurprov Dayung 2022, Batola meraih 6 emas, 14 perak dan 3 perunggu. Kemudian dari Kejurprov Menembak, Batola memperoleh 1 emas, 2 perak dan 4 perungggu.

Sementara di Porprov Tabalong 2017, dayung meraih 10 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Catatan itu membuat dayung menyumbangkan separuh dari total 21 emas yang diperoleh Batola di Porprov 2017.

Baca Juga: Tanpa Dayung, HSS Umumkan 37 Cabang Olahraga di Porprov XI Kalsel

Baca Juga: Geruduk Kantor KONI Kalsel, Atlet Dayung Protes Tak Tanding di Porprov XI

"Memang tanpa dayung dan menembak, Batola kehilangan banyak potensi medali. Namun kami optimistis kekurangan bisa ditutupi tenis meja, bulutangkis, panjat tebing dan beberapa cabang lain" tegas Ketua KONI Batola, Dahlan, sesuai seremonial pelepasan atlet.

"Terlebih dari 20 cabang lain yang diberangkatkan ke Porprov 2022, ternyata mampu meraih 23 emas dalam Kejurprov yang digelar masing-masing cabang olahraga," imbuhnya.

Sebelumnya ketika dayung dan menembak masuk daftar cabang olahraga, Batola menargetkan mampu menduduki peringkat tujuh dalam klasemen akhir perolehan medali Porprov 2022.

"Pun sekarang tanpa dayung dan menembak, kami masih optimistis menduduki tujuh besar. Apalagi dalam pemusatan latihan selama 2 bulan terakhir, sejumlah medali perak berpeluang ditingkatkan menjadi emas," tegas Dahlan.

Sementara Bupati Hj Noormiliyani AS berharap semua atlet Batola bertanding tanpa beban, serta selalu menjunjung tinggi sportivitas.

"Porprov tidak hanya arena meraih prestasi olahraga, tetapi juga membawa misi mengangkat citra dan nama baik daerah," papar Noormiliyani.

"Memang tidak mudah untuk menjadi juara dalam sebuah kompetisi. Namun saya yakin semuanya dapat diraih dengan perjuangan maksimal dan semangat pantang menyerah," tandasnya.

Berikut 20 cabang olahraga yang diikuti Batola di Porprov Kalsel 2022:

1. Catur

2. Atletik

3. Judo

4. Renang

5. Biliar

6. Gulat

7. Tenis meja

8. Karate

9. Kempo

10. Panahan

11. Angkat berat

12. Anggar

13. Panjat tebing

14. Bridge

15. Bulutangkis

16. Sepakbola

17. Tinju

18. E-sport

19. Pencak silat

20. Gateball

Editor


Komentar
Banner
Banner