Kalsel

Tanggal Belum Jelas, Ibnu-Ariffin Fitting Baju Pelantikan Senilai Jutaan Rupiah

apahabar.com, BANJARMASIN – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin terpilih Ibnu Sina-Ariffin Noor masih menunggu…

Featured-Image
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina-Ariffin Noor, saat melakukan sesi pemotretan pakaian dinas upacara (PDU). Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin terpilih Ibnu Sina-Ariffin Noor masih menunggu jadwal pelantikan.

Tidak ada yang tau, kapan jadwal pelantikan dilaksanakan oleh Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA.

Informasi terkini, surat pelantikan kepala daerah pasca-Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwali Banjarmasin sudah masuk ke meja Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sambil menunggu, Ibnu-Ariffin disibukkan sederet proses pelantikan di Gedung Mahligai Pancasila. Mulai dari fitting seragam hingga pas foto selayaknya Presiden dan Wakil Presiden RI.

Kabag Protokol Sekdakot Banjarmasin, Yusna Irawan telah menyiapkan segala hal untuk menyambut Ibnu-Ariffin di Balai Kota Banjarmasin.

"Kalau baju sudah kita siapkan, setelah penetapan oleh KPU Banjarmasin. Mereka telah fitting dan sudah siap," ujarnya.

Plt Kabag Umum Sekdakot Banjarmasin ini mengatakan bahwa terdapat dua seragam beserta kelengkapannya yang dipakai oleh Ibnu-Ariffin.

Yaitu pakaian dinas upacara (PDU) untuk dikenakan saat proses pelantikan nanti. PDU ini memiliki warna putih dengan setelan atribut lengkap seperti topi, sepatu, lencana, tongkat hingga papan nama dada.

Sisanya adalah Pakaian Sipil Lengkap (PSL) yang setelannya mengenakan jas warna hitam.

Anggaran pengadaan dua pakaian ini berasal dari bagian protokol. Satu pakaian dikenakan sekitar Rp 5 juta per orangnya. Praktis, sekitar Rp 20 juta dihabiskan untuk seragam Ibnu-Ariffin.

"Kalau khusus pelantikan itu baju PDU," ujarnya.

Yusna juga menjelaskan bahwa seragam untuk Ibnu-Ariffin diukur bersama-sama. Meski Ibnu menjadi Wali Kota Banjarmasin dua periode, pihaknya tetap melakukan hal serupa.

Yusna bilang bahwa politisi partai Demokrat ini memiliki bentuk tubuh yang berbeda saat proses pengukuran. Antara periode pertama dengan Hermansyah dan Ariffin Noor.

"Agak gemuk dan lain sebagainya, jadi prosesnya telah kita siapkan," ucapnya.

Di samping itu, Yusna mengatakan bahwa ada kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Aula Kayuh Baimbai.

Antara Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dengan Pj Wali Kota Banjarmasin Akhmad Fidayeen.

kegiatan ini berjalan setelah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin dilantik oleh Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA di Mahligai Pancasila. Namun saat ini, tidak ada yang mengetahui jadwal pelantikan.

"Setelah dari Mahligai, rencananya beliau langsung Serjitab dengan Pj Wali Kota Banjarmasin," ucapnya.

Selain itu, Yusna menerangkan bahwa terdapat kegiatan memorial oleh Pj Wali Kota Banjarmasin.

Memorial ini merupakan upaya yang telah dilaksanakan oleh Pj Wali Kota Banjarmasin mulai dilantik Pj Gubernur Kalsel pada 2 April lalu.

Pihaknya juga resmi bertugas setelah Ibnu-Ariffin keluar dari Gedung Mahligai Pancasila.

"Tugas protokol kota saat keluar dari gedung Mahligai itu," katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan ajudan untuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin beserta istri periode 2021-2024.

"Kita cari dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) karena kita ada stok ya," tuturnya.

Komentar
Banner
Banner