Kalsel

Tanah Bumbu Gelar Apel Siaga Bencana, Dandim: Sebagai Upaya Kesiapan dan Antisipasi

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama stakeholder menggelar apel siaga bencana, di halaman Kantor…

Featured-Image
Siaga Bencana Tanah Bumbu, Tanah Bumbu, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Dandim Tanah Bumbu, Bupati Tanah Bumbu, Cuaca Ekstrem, Dandim 1022/Tanah Bumbu

bakabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama stakeholder menggelar apel siaga bencana, di halaman Kantor Bupati, Selasa (7/12).

Dipimpin langsung oleh Bupati Tanah Bumbu, H M Zairullah Azhar, apel juga diikuti Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, beserta jajaran.

Apel ini digelar sebagai upaya antisipasi apabila terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang (ROB).

Terlebih akhir-akhir ini cuaca ekstrim yang melanda Indonesia telah menimbulkan berbagai bencana alam, seperti terjadinya erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Kemudian banjir yang sempat melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta dan banjir ROB yang melanda beberapa daerah yang berada di pinggir laut di wilayah Indonesia.

“Apel gabungan ini dalam rangka antisipasi atau siaga bencana dan salah satu upaya untuk memeriksa sejauh mana kesiapan seluruh pihak apabila terjadi bencana di Bumi Bersujud,” ungkap Dandim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto.

Letkol Rahmat menyampaikan pihaknya dan seluruh instansi terkait lainnya telah siap siaga terhadap bencana alam, sehingga apabila terjadi bencana maka penanganan terhadap korban akan lebih optimal.

“Dengan adanya kesiapan seluruh pihak terhadap bencana yang terjadi, maka kerugian yang dialami akan lebih dapat diminimalisir dan penanganan terhadap korban juga akan dapat lebih cepat dan tepat,” pungkas Dandim.

Diketahui dalam beberapa hari terakhir bencana angin puting beliung disertai hujan dan banjir pasang air laut (ROB) melanda Kabupaten Tanah Bumbu.

Bencana ini diprediksi akan tetap terjadi hingga beberapa hari ke depan sesuai dengan prakiraan dari BMKG.

Komentar
Banner
Banner