Nasional

Tamu dari Ibu Kota Tak Kuasa Membendung Air Mata

apahabar.com, BANJARBARU – Ribuan jemaah terus berdatangan menuju lokasi Haul ke 15 KH Muhammad Zaini bin…

Featured-Image
Haul ke-14 KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani, akrab disapa Guru Sekumpul tahun lalu. Foto-dok

bakabar.com, BANJARBARU – Ribuan jemaah terus berdatangan menuju lokasi Haul ke 15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani, akrab disapa Guru Sekumpul, di Komplek Ar Raudhah, Sabtu (29/1) dan Minggu (1/3) malam.

Salah satunya tamu dari ibu kota, Jakarta, Markawi yang tiba di Banjarbaru, Sabtu siang. Ia datang bersama kerabat secara berombongan.

Melihat banyaknya jemaah yang hadir pada haul ulama kharismatik Kalimantan ini, Markawi merasa terharu. Bahkan ia tak kuasa membendung air mata.

Menurutnya, nama besar Guru Sekumpul begitu mulia. Hingga 15 tahun setelah kematiannya, begitu banyak jemaah yang masih mencintai dan menyayanginya.

img

Kedatangan rombongan asal Jakarta disambut Sekda Banjarbaru, Said Abdullah di Rest Area Lapangan Murjani Banjarbaru. Foto-bakabar.com/Musnita Sari.

“Alhamdulillah, sampai sini luar biasanya terharu. Belum pernah kita hadiri haul yang begitu mulianya,” ucap Pimpinan salah satu Majelis Taklim di kawasan Kebon Jeruk Jakarta ini kepada bakabar.com begitu tiba di rest area Lapangan Murjani, Sabtu (29/2).

“Mungkin hanya air mata yang bisa menyaksikan betapa dahsyatnya nama Guru Sekumpul. Nama Guru Zaini Martapura,” lanjutnya sembari menahan air mata yang menetes di pipinya.

Tahun ini merupakan kali pertama Markawi ikut acara haul Guru Sekumpul.

Rasa lelah setelah melakukan perjalanan panjang, tak memudarkan semangatnya ketika menceritakan kekagumannya pada tokoh-tokoh kharismatik di Kalimantan.

Langkahnya ke Martapura tergolong menarik. Berawal dari pertalian nasab atas amalan ijazah ratib Samman yang diambilnya.

“Saya punya guru yang mendapat ijazah Ratib Samman. Kebetulan nama beliau (Guru Sekumpul) salah satu di antara guru yang nasabnya nyambung ke Syekh Samman,” papar dia.

Kekagumannya memang tak hanya kepada Guru Sekumpul, rombongannya juga menyambangi makam Datu Kalampayan yang tak jauh dari kawasan Martapura.

“Gak tau kenapa. Kencang sekali harus sampai ke sini. Akhirnya bisa. Mudah-mudahan berkah lah,” tuturnya.

Melakukan perjalanan jauh baginya tak masalah. Dia berharap, usai menghadiri haul akbar ini dirinya dapat membawa keberkahan dan meniru sifat-sifat terpuji dari Guru Sekumpul.

“Mudahan bisa menambah keberkahan bagi kami dan menambah rasa mahabbah pada beliau,” tutupnya.

Dari pantauan bakabar.com di Banjarbaru, kendaran roda dua dan empat terus bergeruk menuju Martapura. Semakin mendekati senja, lokasi haul semakin dipadati jemaah.

Diperkirakan jumlah jemaah ini lebih dari 2 juta orang. Mereka datang dari berbagai pelosok. Tak hanya dari tanah air, tapi juga manca negara.

Baca Juga:Hadir di Haul Guru Sekumpul ke-15, Sandiaga Uno Ingin Jadikan Agenda Rutin Tahunan

Baca Juga: Berkah Haul Guru Sekumpul, Pertalite pun Digratiskan

Baca Juga: Disediakan 35 Rest Area, Jemaah: Terima Kasih Warga Tala..

Baca Juga: Kapolres Banjar: 22.235 Personel Gabungan Kawal Haul Guru Sekumpul

Reporter: Musnita SariEditor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner