Hot Borneo

Tak Sesuai Rencana, Legislator Kalsel Sorot Megaproyek Revitalisasi Sekumpul

apahabar.com, BANJARMASIN – Suara sumbang terus mengemuka terkait megaproyek revitalisasi kawasan Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar. Kini…

Featured-Image
Pemasangan paving block Sekumpul Martapura. Foto-dok/apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Suara sumbang terus mengemuka terkait megaproyek revitalisasi kawasan Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar.

Kini giliran legislator Kalsel yang menyorot proyek senilai Rp 30,5 miliar yang dikerjakan terlihat asal-asalan itu.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad itu menilai proyek yang pernah ditengok Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti itu kalah bagus dengan trotoar jalan di Banjarmasin.

img

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad menyorot megaproyek revitalisasi Sekumpul Martapura. Foto-Istimewa

“Kita melihat trotoarnya, masa masih bagus trotoar di Banjarmasin,” kata Hasanuddin ditemui setelah paripurna DPRD Kalsel, Rabu (8/7).

Mantan Bupati Batola 2 periode dari partai Golkar Kalsel ini merasa jika proyek tersebut tak sesuai dengan yang direncanakan.

Hasanuddin Murad yang juga pernah memegang amanah sebagai anggota DPR RI ini meminta pemilik proyek dan kontraktor segera merampungkan pekerjaan tersebut. Sebab kawasan tersebut menjadi salah satu lokasi wisata religi yang mengundang jutaan wisatawan.

Sebelumnya Kementerian PUPR menggelontorkan dana sebesar Rp38,2 miliar bersumber dari APBN 2021. Dana itu bersumber dari pinjaman luar negeri untuk penggarapan segmen I dan II. Jika mencapai segmen III, megaproyek penataan Sekumpul ini ditaksir menelan dana hingga Rp250 miliar atau hingga 2023 mendatang.

Dimulai sejak akhir Mei 2021 dengan durasi 240 hari atau 8 bulan, proyek penataan kawasan Sekumpul ini sempat molor hingga tahun 2022.

Rencana revitalisasi kawasan Sekumpul sebelumnya memang lebih dulu diperjuangkan Komisi II (kala itu masih duduk di Komisi V) DPR RI Dapil Kalsel, Rifqinizamy Karsayuda.

19 April 2021, saat reses, Rifqinizamy menyempatkan bersilaturahmi dengan Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsyie di Mahligai Sultan Adam.

Rifqinizamy optimis penyelesaian revitalisasi Sekumpul sesuai target. Sebab, kata dia, masyarakat sekitar makam Guru Sekumpul mendukung penuh proyek revitalisasi ini.

Komentar
Banner
Banner