Hot Borneo

Tak Sekadar Seremoni, Putera-Puteri Pariwisata Kalsel 2022 Dituntut Jadi Agen Perubahan

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemilihan Putera Puteri Pariwisata Kalimantan Selatan 2022 dipastikan bukan sekadar ajang seremoni. Dengan…

Featured-Image
Abdul Aziz (kiri) dan Gusti Novia Nanda (kanan) dinobatkan sebagai Putera-Puteri Pariwisata Kalsel 2022, Minggu (29/5) dinihari. Foto-apahabar/Syaiful Riki

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemilihan Putera Puteri Pariwisata Kalimantan Selatan 2022 dipastikan bukan sekadar ajang seremoni.

Dengan kucuran uang pembinaan total mencapai ratusan juta rupiah, para pemenang dituntut mengemban misi sebagai agen perubahan untuk mendorong dan memajukan serta merubah sudut pandang dunia terhadap pariwisata di Kalsel.

"Jadilah duta pariwisata yang berperan sebagai agen perubahan dalam pembangunan pariwisata Kalsel," kata Sekda Roy Rizali Anwar, Sabtu (29/5) malam.

Roy hadir mewakili Gubernur Sahbirin Noor pada Grand Final Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalsel 2022 di Hotel Galaxy Banjarmasin.

Dalam sambutan, dia juga meminta para pemenang untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Termasuk bahasa asing dan pengetahuan terkait kepariwisataan.

"Sehingga sebagai duta pariwisata akan memberikan nilai tambah lebih dalam mempromosikan dan memajukan pariwisata Kalsel hingga mancanegara," ujarnya.

Sebagai informasi, acara puncak Pemilihan Putera Puteri Pariwisata Kalsel 2022 menampilkan 38 finalis.

Di hari yang sama, total finalis menyusut tinggal 6 pasang. Sebelum menunjuk Abdul Aziz dan Gusti Novia Nanda, asal Kota Banjarmasin sebagai pemenang Putra Putri Pariwisata Kalsel tahun 2022.

Keduanya masing-masing dikucuri uang pembinaan sebesar Rp 20 juta.

Abdul Azis dan Gusti Novia Nanda memastikan diri untuk mewakili Kalsel di ajang serupa pada tingkat nasional. Rencananya gelaran tersebut bakal dihelat di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kepala Dinas Pariwisata, M Syarifuddin mengaku akan menyiapkan sejumlah pembekalan agar Aziz dan Nanda mampu bersaing dengan Putra Putri Pariwisata dari seluruh provinsi di Tanah Air.

"Untuk persiapan ketingkat nasional, kita akan berikan pembekelan berupa training center," ujarnya.

Di situ nanti mereka diberikan keterampilan terkait budaya Kalsel. Salah satu kriteria yang akan ditampilkan pada tingkat nasional.

Pemenang Putra Putri Pariwisata Kalsel, lanjut dia, memiliki tugas yang cukup berat dalam mempromosikan pariwisata di masa endemi pasca pandemi Covid-19.

Mereka harus lebih gencar dalam mempromosikan potensi pariwisata di Kalsel yang cukup menarik dan tidak kalah dari daerah lain.

Usai terpilih, Aziz dan Nanda mengaku haru dan bangga, di samping tidak menyangka bisa terpilih sebagai Puteri Puteri Pariwisata Kalsel 2022.

Keduanya menyatakan siap mendukung Pemprov dalam menjalankan program dan promosi terkait sektor pariwisata.

Komentar
Banner
Banner