Kalsel

Tak Hanya di Bandara, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Turut Gunakan GeNose C-19

apahabar.com, BANJARMASIN – Layanan tes GeNose C-19 dipastikan hadir di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Dengan ini alat…

Featured-Image
Ilustrasi – Calon penumpang kereta api mengikuti pemeriksaan sampel napas Genose C-19 di Stasiun Pasar Senen. Foto-Bisnis

bakabar.com, BANJARMASIN – Layanan tes GeNose C-19 dipastikan hadir di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Dengan ini alat pendeteksi Covid-19 tidak hadir hanya di stasiun dan bandara saja.

Terdapat dua alat GeNose yang digunakan untuk nantinya mengecek apakah calon penumpang kapal laut di Pelabuhan Trisakti terinfeksi Corona atau tidak.

Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin, Rivolindo, menjelaskan bahwa penggunaan alat GeNose sesuai dengan arahan pemerintah untuk publik guna menciptakan keamanan dan kenyamanan terkait covid-19.

Alat dari GeNose dalam mendeteksi seseorang terpapar atau tidaknya covid-19 mencapai 90%.

“Ini juga alat yang diproduksi anak bangsa yakni dari Universitas Gadjah Mada,” ujarnya.

Sementara itu, Regional Manager SDM dan Umum PT Pelindo Regional Kalselteng, Wahyu Eko Yulianto, mengatakan penggunaan alat GeNose ini memiliki kelebihan di mana masyarakat bisa lebih merasa nyaman ketika dilakukan pengetesan.

“Selain itu, durasi pengetesan hingga keluar hasil juga cepat, sekitar 5 menit saja,” ucap Wahyu.

Untuk mendapatkan tes GeNose di pelabuhan Trisakti ini, masyarakat cukup membayar biaya 30 ribu rupiah dan hanya perlu menunjukkan KTP saja.

Jam pelayanan GeNose di terminal penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin ini akan berlangsung sejak pukul 13.00 hingga 20.00 Wita.

Berdasarkan SOP, jika seseorang yang telah melakukan tes Genose kemudian terdeteksi Covid-19, maka pihak pelabuhan akan mengarahkannya ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Rencananya, launching pelayanan deteksi covid-19 lewat metode GeNose di terminal penumpang Pelabuhan Trisakti akan dilakukan pada Jumat (23/4/2021) besok.



Komentar
Banner
Banner