News

Tahap Kedua Dibuka, 63 Jemaah Kalsel Sudah Lunasi Biaya Haji

Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji atau Bipih Tahap II resmi dibuka sejak Rabu 13 hingga 26 Maret 2024 nanti.

Featured-Image
Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin, berharap kuota haji terpenuhi untuk mengurangi waiting list. Foto: Kemenag Kalimantan Selatan

bakabar.com, BANJARBARU - Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahap kedua, resmi dibuka sejak 13 hingga 26 Maret 2024.

Berdasarkan data Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan, tercatat sudah 63 jemaah yang melakukan pelunasan.

"Hari pertama pembukaan tahap kedua, sudah 63 jemaah yang melunasi Bipih. Mereka berasal dari beberapa kabupaten/kota di Kalsel," papar Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin, Kamis (14/3).

Rinciannya 15 jemaah dari Banjarmasin, 10 jemaah dari Hulu Sungai Utara, serta 7 jemaah masing-masing dari Banjar, Hulu Sungai Tengah, Tabalong, dan Kotabaru.

Sisanya 3 jemaah dari Banjarbaru, Tanah Laut dan Balangan, serta 1 jemaah dari Barito Kuala.

Adapun jemaah haji yang berhak melunasi Bipih tahap kedua, termuat dalam Keputusan Dirjen PHU Nomor 83 Tahun 2024. Salah satunya adalah jemaah yang belum melakukan pelunasan biaya haji dalam tahap pertama, karena mengalami gagal sistem.

Kemudian pendamping jemaah haji lanjut usia, jemaah haji penggabungan suami atau istri dan anak kandung atau orang tua yang terpisah, serta pendamping jemaah haji penyandang disabilitas.

Antusiasme Jemaah haji Kalsel melakukan pelunasan di tahap kedua, diharapkan terus berlanjut, sehingga total porsi jemaah haji Kalsel sebanyak 4.071 orang bisa terpenuhi.

"Semoga setelah pelunasan tahap kedua, total porsi jemaah haji bisa terpenuhi 100 persen. PHU di Kemenag kabupaten/kota juga diimbau bisa memotivasi jemaah sesuai kriteria supaya segera melunasi," harap Tambrin.

"Kami harus mengupayakan pemenuhan kuota yang telah diberikan agar waiting list jemaah haji Kalsel terus berkurang," tukasnya.

Sebelumnya dalam tahap pertama, sebanyak 3.533 jemaah haji Kalsel telah melakukan pelunasan Bipih melalui Bank Penerima Setoran (BPS). Diketahui Bipih reguler 2024 di Embarkasi Banjarmasin sebesar Rp56.471.105.

Editor
Komentar
Banner
Banner