Hot Borneo

Tabalong Berselawat Nanti Malam, Berikut Lokasi Parkir Buat Kendaraan Bermotor

Puluhan ribu masyarakat diperkirakan akan menghadiri Tabalong Bersalawat di halaman Pendopo Bersinar,Kelurahan Pembataan,Kecamatan Murung Pudak, Jumat (21/7).

Featured-Image
Ini lokasi parkir kendaraan bagi para jemaah Tabalong Bersalawat malam ini, Jumat (21/7). Foto: Dishub Tabalong

bakabar.com,TANJUNG - Puluhan ribu masyarakat diperkirakan akan menghadiri Tabalong Berselawat di halaman Pendopo Bersinar, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, malam ini, Jumat (21/7/2023).

Tabalong Bersalawat sendiri bakal dipimpin Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf dan KH Asmuni atau biasa dipanggil Abah Guru Danau.

Untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Tabalong telah menyiapkan kantong-kantong parkir di sekitar lokasi.

Khusus untuk parkir kendaraan roda empat tamu VIP akan ditempatkan di halaman kantor Dinas PUPR, Dinas Perkim dan halaman Masjid Wardatush Shalihin (seberang Mapolres Tabalong).

"Tiga tempat tersebut kita siapkan untuk tamu undangan VIP yang di antaranya para habaib dan tuan-tuan guru," kata Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P Manalu, Jumat sore.

Kata Tumbur, untuk lokasi parkir kendaraan roda 4 masyarakat umum disiapkan tempat di halaman kantor Partai Golkar,  Dispora, depan stadion, lapangan basket dan kolam renang.

"Sedangkan untuk roda dua kita siapkan lahan parkir di depan dan belakang Gedung Olahraga (GOR) dan di halaman kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang lokasinya masih di sekitaran komplek Pendopo Bersinar," beber Tumbur.

Jika kantong-kantong parkir itu tidak cukup menampung kendaraan, lanjut Tumbur, sejumlah tempat telah disiapkan sebagai cadangan.

"Lokasinya di SMK 1 Tabalong, jalan depan kolam renang, jalan depan stadion, Pasar Flambon, SMAN 2 Tabalong serta di jalur lambat utama depan Mesjid Wardatusshalihin," ungkapnya.

"Tempat parkir cadangan ini digunakan jika lahan parkir utama tidak mampu lagi menampung kendaraan jemaah Tabalong Bersalawat," imbuh Tumbur.

Tumbur bilang pihaknya juga akan melakukan rekayasa arus lalu lintas untuk memperlancar kegiatan tersebut.

Pengalihan arus mulai diberlakukan setelah pelaksanaan apel pada sore ini. 

"Jadi arah Tanjung hanya boleh jalan lurus dan tidak diperkenankan untuk belok kanan menuju arah Pendopo Bersinar, juga sebaliknya," ingat Tumbur.

Kemudian, Jalan HM Ismail, di samping Mapolres Tabalong wajib belok kiri.

"Rekayasa arus lalu lintas ini dilakukan karena ada jalur steril untuk memudahkan akses bagi para jemaah dari jalan Usman Dundrung sampai simpang Peramaian dan area pendopo sendiri," terang Tumbur.

Pada pelaksanaannya Dishub Tabalong menurunkan puluhan personil dan bakal di backup anggota Satlantas Polres Tabalong.

"Untuk penanganan parkir kami juga di bantu dan di dukung oleh kawan-kawan dari BPBD maupun UPBS," tutup Tumbur.

Editor


Komentar
Banner
Banner