CERDAS MEMILIH

Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit Tembus 50,9 Persen

Elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin melejit mendekati Pemilu 2024. Survei and Polling Indonesia (SPIN) merekam hal itu.

Featured-Image
Capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di lokasi debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin melejit mendekati Pemilu 2024. Survei and Polling Indonesia (SPIN) merekam hal itu.

Dalam survei itu, elektabilitas Prabowo-Gibran melonjak hingga menembus angka 50,9 persen setelah debat ketiga Pilpres 2024. Hasil ini mengindikasikan bahwa jagoan koalisi Indonesia Maju itu bisa menang satu putaran.

"Elektabilitas pasangan calon versi survei SPIN, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mencapai 50,9 persen setelah debat ketiga," kata Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin (15/1).

Baca Juga: Survei PRC Sebut Elektabilitas Anies-Muhaimin Melonjak Pascadebat KPU

Survei SPIN tersebut dilakukakan 8—14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden di seluruh provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Dalam survei itu, ia menyebutkan upaya Ganjar dan Anies yang mencoba mendegradasi Prabowo Subianto dalam debat ketiga sejauh ini tidak berhasil. Elektabilitas Anies malah merosot. Hal yang sama terjadi pada Ganjar.

Berdasarkan hasil survei, debat capres yang diselenggarakan oleh KPU pada hari Minggu, 7 Januari 2024 tidak berpengaruh pada pilihan mereka dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: Survei Puspoll: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 41,0 Persen

Mayoritas publik atau 72,9 persen mengaku acara tersebut tidak memengaruhi pilihan mereka terhadap masing-masing capres.

Dengan demikian, Igor menilai debat ketiga Pilpres 2024 tidak menjadi referensi bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya.

Editor


Komentar
Banner
Banner