pilpres 2024

Survei Charta Politika: Elektabilitas Kang Emil Salip Sandiaga di Bursa Cawapres

Hasil survei Charta Politika Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Kang Emil) di peringkat teratas sebagai calon wakil presiden (22.5 persen)

Featured-Image
Survei Charta Politika: Ridwan Kamil (22.5%) dan Sandiaga Uno (18.3%) menjadi pilihan tertinggi responden

bakabar.com, JAKARTA- Hasil survei Charta Politika Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Kang Emil) di peringkat teratas sebagai calon wakil presiden (22.5 persen).

Elektabilitas kang Emil ini menyalip Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang kini berada di posisi kedua (18.3 persen). Adapun di tempat ketiga bertengger ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan tingkat elektabilitas 9.0 persen.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Teratas, Disusul Anies dan Prabowo

Survei ini diselenggarakan pada 4-12 November 2022. Survei menggunakan metode wawancara tatap muka. Dengan metode multistage random sampling, survei melibatkan 1.220 responden. Margin of error survei ini sebesar 2.83 persen.

Hal menarik dari survei Charta Politika, Ridwan Kamil untuk pertama kali menempati posisi pertama. Hal itu disebabkan karena elektabilitas Sandiaga Uno sebagai cawapres menurun cukup besar. Sehingga, posisinya sebagai cawapres favorit tergusur oleh Ridwan Kamil.

Pada Juni 2022, Sandiaga masih meraih elektabilkitas 27.6 persen. Pada survei bulan September, elektabilitasnya merosot ke angka 22.3 persen. November ini, elektabilitas Sandiaga sebagai cawapres hanya 18.3 persen.

Baca Juga: Suvei Charta Politika: PDIP Masih Teratas Terpaut Jauh dari Gerindra dan Golkar


Sementara itu untuk cawapres favorit pada posisi keempat ditempati gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa 7.2 persen, kemudian di posisi kelima ada ketua PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang memperoleg angka 6,1 persen. Setelah itu Menteri BUMN Erik Thohir dengan elektabilitas 4.5 persen bersaing tipis dengan ketua DPR RI Puan Maharani yang berada di angka 4.4 persen.


Dalam survei ini terdapat `15.58 persen yang tidak menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Adapun pertanyaan yang diajukan adalah : siapa yang paling pantas jadi Wakil Presiden RI pada pilpres 2024.

Editor


Komentar
Banner
Banner