Pemkot Banjarbaru

Survei Banua Meter: 92 Persen Responden Sepakat Banjarbaru Lebih Maju di Era Aditya-Wartono

Lembaga survei Banua Meter telah menyerap aspirasi publik guna menilai pembangunan Kota Banjarbaru melalui tiap-tiap sektornya. Begini hasil surveinya

Featured-Image
Wali Kota Banjarbaru saat giat mengunjungi rumah warga. Foto : Media Center Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Dilantik sejak Februari 2021 lalu, Wali Kota Banjarbaru M. Aditya Mufti Ariffin dengan penuh keyakinan menyampaikan akan membawa Kota Banjarbaru menjadi kota yang maju, agamis dan sejahtera atau yang dikenal dengan slogan JUARA.

Pernyataan itu nyatanya bukan hanya isapan jempol. Lembaga survei Banua Meter telah menyerap aspirasi publik guna menilai pembangunan Kota Banjarbaru melalui tiap-tiap sektornya. 

Hasil survei tersebut merujuk pada apresiasi hasil kinerja Wali Kota Aditya bersama Wakilnya Wartono. Berdasarkan hasil survei, Banua Meter mencatat akumulasi respons publik sangat positif mencapai 92 persen pada kemajuan pembangunan Banjarbaru di era kepemimpinan Aditya-Wartono. Sedangkan sisanya, 3 persen menyatakan tidak tahu, 1 persen tidak menjawab dan 4 persen menyatakan tidak sependapat.

Mari menilik lebih detail. Untuk sektor ekonomi, sebanyak 84,5 persen respons publik menyatakan puas dengan peningkatan ekonomi rakyat di Banjarbaru. Kemudian untuk sektor infrastruktur, respon publik mencapai 87,5 persen dengan menyatakan kepuasan untuk pembangunan sarana jalan dan jembatan.

Baca Juga: Mahasiswi Banjarbaru Diancam hingga Diperkosa, Polisi Ungkap Kronologi Kejadian

Beralih ke sektor UMKM yang sejak awal terus didorong istri Wali Kota Aditya, Vivi Zubedi dan bahkan menembus panggung internasional, berhasil meraup kepuasan publik mencapai 74,6 persen.

Dari sisi bantuan modal usaha yang disalurkan Pemkot Banjarbaru, khususnya untuk pelaku usaha mikro kecil mendapat kepuasan publik mencapai 71,0 persen. Dilanjutkan dengan penyediaan pasar tradisional guna menjangkau kebutuhan masyarakat di tiap wilayah mendapat 84,3 persen kepuasan publik.

Terkhusus untuk sektor pelayanan publik dan perizinan umum, kepuasan publik mencapai 85,9 persen. Kemudian untuk sektor pertanian dan perkebunan, publik yang menyatakan puas sebanyak 67,0 persen.

Baca Juga: Gubernur BI Prediksi Ekonomi Global Tahun Depan Redup Imbas Tiga Perang

Di sektor pariwisata, sebanyak 83,6 persen respon publik menyatakan puas atas pengembangan wisata di Banjarbaru. Penyediaan tenaga kerja juga mendapat kepuasan mencapai 70,5 persen.

Untuk sektor kesehatan, apalagi baru-baru ini meraih penghargaan Swasti Saba dimana Banjarbaru dinobatkan sebagai Kota Sehat Tahun 2023, publik merespon dengan kepuasan mencapai 85,9 persen. 

Terakhir, kepuasan publik untuk sektor pendidikan bahkan mencapai 88,6 persen. Tertinggi dan semakin memperkokoh sebutan Banjarbaru sebagai Kota Pendidikan.

Pada 2023 ini menjadi bukti kongkrit nyata kinerja Wali Kota Aditya membangun Banjarbaru menuju perubahan yang signifikan. Dengan kebijakan dan program unggulannya, Aditya telah membawa Ibu Kota Kalimantan Selatan ke taraf kualitas JUARA.

Editor
Komentar
Banner
Banner