Hot Borneo

Sungai Tabalong Meluap, Ratusan Rumah di Haruai Terendam Banjir

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Tabalong sejak beberapa hari lalu membuat Sungai Tabalong meluap

bakabar.com, TANJUNG - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Tabalong sejak beberapa hari lalu membuat Sungai Tabalong meluap.

Akibat luapan Sungai Tabalong, ratusan rumah warga di Desa Nawin dan Desa  Halong, Haruai, terendam banjir.

Di Desa Nawin, banjir merendam sedikitnya 100 rumah warga dengan ketinggian bervariasi. Banjir tersebut melanda rumah warga dari RT 1 sampai 6 dan RT 8.

"Banjir paling dalam sekitar 2 meter di dalam rumah warga yang lokasinya berada di kawasan paling rendah di Nawin," kata salah seorang aparat Desa Nawin, Aidil Rifanor, dihubungi bakabar.com, Kamis (17/11) pagi.

Sementara itu, di Desa Halong, banjir merendam 129 rumah di RT 1,2 dan 4. Dengan jumlah warga terdampak 366 jiwa. Kedalaman banjir juga sudah ada yang mencapai 2 meter di dalam rumah

Meski rumahnya kebanjiran, warga masih bertahan di rumahnya masing-masing.

"Banjir ini hampir terjadi setiap tahun, sehingga warga sudah bersiap setiap hujan deras turun," kata Kepala Desa Halong, H Zainal Firdaus, dihubungi terpisah.

Warga berharap ada bantuan dari pemerintah untuk kebutuhan mendirikan dapur umum.

"Saat ini kami sudah menyiapkan dapur umum untuk warga yang terdampak banjir. Kalau ada bantuan jangan sampai hanya di Nawin saja, karena di Halong juga banjir,"  kata H Daus sapaan akrabnya.

"Jika terkendala jalan yang kebanjiran, kami siap mengambilnya dari titik jalan yang bisa dilewati," tandasnya.

Sementara itu, Plt Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Tabalong, Zahirsyah Manuar, mengatakan, memang ada beberapa tempat di Haruai yang terendam banjir, baik jalan dan pemukiman.

"Meski demikian kami belum mendapat informasi secara rinci dari sana, tadi saya sudah perintahkan kawan-kawan di BPBD untuk turun  langsung ke lokasi," terangnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner