Tak Berkategori

Sungai Riam Kiwa Pengaron Meluap, Danramil Bantu Warga Evakuasi

apahabar.com, MARTAPURA – Sungai Riam Kiwa di Desa Pengaron, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalsel mulai meluap,…

Featured-Image
Danramil Pengaron bantu warga mengevakuasi barang berharga dan perabotan rumah di Desa Pengaron, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Selasa (11/1) sore. Foto-apahabar.com/Istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA - Sungai Riam Kiwa di Desa Pengaron, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalsel mulai meluap, Selasa (11/1) siang.

Warga pun mulai menyelamatkan barang berharga sejak sore tadi dibantu aparat setempat termasuk anggota TNI.

Meluapnya sungai di Pengaron setelah sebelumnya di Kecamatan Sungai Pinang juga meluap, yang dipicu hujan deras sejak dini hari.

Plh Danramil 1006-02 Pengaron, Peltu Eko bersama para anggota Babinsa memonitor kodisi air serta membantu warga menyelamatkan barang berharga dan perabotan rumah.

Selain itu pihaknya juga terus menjalin berkoordinasi dengan Muspika, BPBD Kecamatan, sementara para Babinsa menyisir pemukiman warga.

Ia menuturkan, hingga pukul 17.15 Wita, air Sungai Riam Kiwa terus meluap hingga ke permukiman warga, dengan ketinggian air 110 cm dari bibir sungai. Sedangkan di jalan desa dan permukiman warga ketinggian air bervariasi.

"Jumlah rumah yang terendam sudah 15 buah dengan 15 kepala keluarga, dan ada beberapa warga kami evakuasi karena rumah sudah ada terendam," ujar Peltu Eko.

Ia menambahkan, sampai saat ini untuk debit air masih naik sedangkan cuaca masih mendung pekat.

"Tidak menutup kemungkinan jika hujan lagi volume air akan bertambah dan akan menggenangi pemukiman warga lebih luas,” jelas Danramil.

Komentar
Banner
Banner