Tak Berkategori

Sungai Riam Kiwa Kembali Meluap di Sei Pinang, Martapura Waspada

apahabar.com, MARTAPURA – Beberapa desa di Kecamatan Sei Pinang (Sungai Pinang), Kabupaten Banjar, Kalsel mulai terendam…

Featured-Image
Kondisi banjir di Desa Rantau Nangka, Kecamatan Sungai Pinang. Foto-istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Beberapa desa di Kecamatan Sei Pinang (Sungai Pinang), Kabupaten Banjar, Kalsel mulai terendam banjir sejak pagi tadi, Selasa (11/1).

Ini lantaran Sungai Riam Kiwa kembali meluap, sehingga desa yang berada di daerah aliran sungai (DAS) menjadi terdampak.

Camat Sungai Pinang, Hadariah saat dikonfirmasi membenarkan. Ia menjelaskan saat ini sudah merendam Desa Belimbing dan kemudian di Rantau Nangka.

“Hujan sangat deras disertai petir terjadi sejak dini hari tadi sekitar pukul 01.00 sampai pagi tadi masih gerimis-gerimis,” ujarnya kepada bakabar.com via seluler.

Ia menjelaskan, desa yang dilalui aliran Sungai Riam Kiwa dari Desa Belimbing Lama, kemudian ke bawahnya lagi Desa Rantau Bakula, Rantau Nangka, Sungai Pinang, kemudian masuk ke Desa Panyiuran Kecamatan Pengaron.

Saat ini banjir sudah melanda di Desa Sungai Rantau Nangka. Dari video yang diterima, ketinggian banjir di Desa Rantau Nangka sudah merendam rumah warga dengan ketinggian sepinggang orang dewasa.

Camat Sungai Pinang melanjutkan, jika wilayahnya sungai meluap sampai merendam perumahan warga, maka wilayah bawah seperti Martapura harus waspada dengan air kiriman.

Biasanya, air kiriman dari Kecamatan Sungai Pianang akan sampai ke Kecamatan Pengaron dengan hitungan jam. Kemudian dari Pengaron sampai ke Martapura sekira 6 jam.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi turun hujan, sehingga sungai tidak lagi meluap,” harapnya.



Komentar
Banner
Banner