Profil Stadion Al Janoub

Stadion Al Janoub di Piala Dunia 2022, Paling Modern Namun Kaya Sejarah

Stadion Al Janoub bisa dikatakan stadion paling modern serta cukup megah dibandingkan tujuh stadion lainnya yang menjadi venue Piala Dunia 2022.

Featured-Image
Foto: (Stadion Al Janoub) qatar2022.qa

bakabar.com, JAKARTA - Stadion Al Janoub bisa dikatakan stadion paling modern serta cukup mewah dibandingkan tujuh stadion lainnya yang menjadi venue Piala Dunia 2022.

Stadion dengan kapasitas 40.000 penonton tersebut menjadi salah satu stadion dengan kapasitas paling sedikit dibanding venue Piala Dunia 2022 lainnya.

Memiliki desain lengkung yang atapnya terinspirasi kapal Dhow, yaitu perahu khas masyarakat Al Wakrah yang merupakan kota tua di Qatar yang kaya sejarah, kapal Dhow biasanya nelayan gunakan untuk berburu mutiara.

Meski memiliki desain yang tidak meninggalkan nilai tradisional dan sisi historis, namun bentuk stadion tetap elegan dan modern dibarengi dengan teknologi canggih, di mana atapnya bisa dibuka dan ditutup, dan memiliki fasilitas pendingin udara yang telah tersedia di setiap sudut stadion yang membuat penonton nyaman.

BACA : Stadion 974, Venue Piala Dunia Qatar 2022 yang Dibuat Dengan Tumpukan Kontainer

Stadion ini dibangun pada tahun 2014 dan selesai 16 Mei 2019 yang dirancang oleh arsitek asal Irak, Zaha Hadid.

Dibandingkan tujuh stadion lainnya di Piala Dunia 2022, Stadion Al Janoub merupakan satu-satunya stadion yang terletak di wilayah paling selatan Doha lebih tepatnya 22 kilometer sebelah selatan Kota Doha.

Dilengkapi dengan akses jalan tol dan jalan baru, sebelum Piala Dunia, akses tersebut berfungsi untuk mengintegrasikan penduduk di Al Wakrah dan Doha, dan disediakan bus antar jemput menuju stasiun metro yang berlokasi 4,5 kilometer dari stadion.

BACA : Stadion Lusail Iconic Punya Venue Terbesar di Piala Dunia Qatar 2022

Di luar Stadion Al Janoub, masyarakat bisa berolahraga karena ada jalur bersepeda dan lari. Ada pula area bermain anak, dan ruang hijau lainnya serta fasilitas masyarakat, termasuk masjid dan sekolah.

Setelah gelaran Piala Dunia 2022 selesai, stadion ini akan menjadi markas Al Wakrah, klub yang berkancah di ajang Qatar Stars League (QSL). Al Janoub juga pernah menjadi venue partai besar sekelas final Liga Champions Asia 2020 yang mempertemukan Persepolis (Iran) vs Ulsan Hyundai (Korea Selatan).

Stadion Al Janoub akan menjadi tuan rumah enam pertandingan penyisihan grup serta satu pertandingan babak 16 besar, ada sejumlah laga penting sebagai berikut:

Fase Grup

22 November 2022: Prancis vs Australia (Fase Grup D)

24 November 2022: Swiss vs Kamerun (Fase Gup G)

26 November 2022: Tunisia vs Australia (Fase Grup D)

28 November 2022: Kamerun vs Serbia (Fase Grup G)

30 November 202: Australia vs Denmark (Fase Grup D)

2 Desember 2022: Ghana vs Uruguay (Fase Grup H)

Babak 16 Besar

5 Desember 2022: Juara Grup E vs Runner up Grup F (Babak 16 Besar).

Editor
Komentar
Banner
Banner