Ssstt.. Ada ‘Haji’ Kalsel Dalam Pusaran Sengketa Nikel Luwu

Ketua IPW mengecam aksi arogan oknum polisi di kasus tambang nikel Luwu yang melibatkan seorang pengusaha asal Kalimantan Selatan.

Featured-Image
IPW mengendus ketidaknetralan Polri dalam perkara sengketa saham nikel PT CLM di Luwu Timur Sulawesi Selatan. Foto ilustrasi: Liputan 6

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Indonesia Police Watch atau IPW mengecam arogansi oknum polisi di sengketa saham tambang nikel Luwu Sulawesi Selatan. Diduga melibatkan seorang pengusaha asal Kalimantan Selatan (Kalsel), kasus ini dinilai telah menindas pengusaha PT Citra Lampia Mandiri (PT CLM).

"Sekali lagi, kami mendapat pengaduan masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan kewenangan Polri secara sistematik dan terstruktur," jelas Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dalam siaran tertulisnya kepada bakabar.com, Kamis (29/12).

Aksi arogan tersebut, kata Sugeng, diduga turut melibatkan oknum-oknum Polri pada level Polres Luwu Timur, Polda Sulsel dan bahkan Mabes Polri. "Dalam kasus hostile takeover saham tambang PT CLM, anak perusahaan PT Asia Pasific Mining Resources (PT APMR) diduga melibatkan seorang haji pengusaha tambang besar yang dekat kekuasaan," jelas Sugeng. Penelusuran media ini, pengusaha dimaksud berasal dari Kalimantan Selatan.

IPW melihat fenomena kasat mata penyalahgunaan wewenang anggota Polri tersebut didiamkan oleh pimpinan Polri. "Ini sangat mengesankan kalau mafia tambang nikel di Luwu Timur itu sudah mendapat restu, seperti kasus Ismail Bolong sebelum menjadi viral di masyarakat, yang menyeret keterlibatan anggota Polri dari level Polsek hingga Pati di Mabes Polri," terangnya.

Proses Ambil Alih PT CLM

Salah satu pekerja menunjukan feronikel. Naiknya harga nikel menjadi angin segar bagi sejumlah emiten pertambangan. Foto ilustrasi: Istimewa
Salah satu pekerja menunjukan feronikel. Naiknya harga nikel menjadi angin segar bagi sejumlah emiten pertambangan.

Dalam pengambil-alihan PT CLM, Sugeng mengendus adanya dugaan kriminalisasi terhadap para pengurus lama di struktural perusahaan tambang tersebut. "Mereka dikriminalisasikan melalui berbagai laporan polisi," ujar Sugeng. 

Setidaknya, lanjut Sugeng, ada enam laporan polisi yang ditujukan kepada direksi, pemegang saham dan karyawan PT CLM lama. Sementara dua laporan polisi dari pihak PT CLM lama tidak diproses.

"Oleh sebab itu, sebaiknya semua kasus PT CLM ditarik ke Bareskrim Polri untuk ditangani secara imparsial, profesional dan berkeadilan," harap Sugeng. 

Helikopter hingga Pesiar 

Pasukan kepolisian dalam apel persiapan pengamanan Natal 2022
ILUSTRASI pasukan kepolisian dalam apel persiapan pengamanan Natal 2022. (Foto: JawaPos)

Keberpihakan Polri amat terlihat jelas dalam sengketa saham PT CLM. Salah satunya dengan masifnya personel Polri yang diterjunkan dalam proses pengambilalihan operasional PT CLM, 5 November 2020 lalu.

Saat itu pihak kepolisian terpantau menurunkan dua helikopter dan satu kapal pesiar serta kapal boat yang berisi anggota Brimob. Di darat, anggota Polri dari kesatuan Propam, Samapta serta serse yang dikawal direktur kriminal khusus Polda Sulsel dan kapolres Luwu Timur ikut dalam pengambilalihan perusahaan tersebut.

"Patut dipertanyakan biaya sumber dana operasional kapal helikopter, boat yang digunakan oleh petugas kepolisian," jelasnya.

Soal enam laporan polisi di halaman selanjutnya: 

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner