Tak Berkategori

‘Srikandi Aluh Idut’, Relawan Bencana HSS Siap Beraksi

apahabar.com, KANDANGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar apel Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana…

Featured-Image
Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS serta Forkopimda HSS menekan tombol sirine simbol kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Foto-Humas Pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar apel Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 dan siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Apel yang berlangsung di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Selasa (30/4) itu diprakarsai Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (PB Kesbangpol) HSS.

Selain apel juga dilakukan simulasipenanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan serta simulasi evakuasi bencana angin puting beliung.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS menekan tombol sirine simbol kesiapsiagaan dalam menghadapi bencanadi Kabupaten HSS.

Baca Juga: Rakon PKK HSS Menyongsong Rakernas 2020

Kepala BPBD Kesbangpol HSS Efran MAP mengatakan, pada ini dilaksanakan launching dibentuknya relawan penanggulangan bencana 'Srikandi Aluh Idut' yang merupakan baru pertama di Kalimantan Selatan.

“Srikandi Aluh idut ini nantinya akan menjadi penggerak titik fokus penanggulangan bencana, dimulai dari pra bencana. Relawan kaum perempuan ini akan menjadi ujung tombak pendidikan secara dini kepada masyarakat, dimulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah,” tuturnya.

Syamsuri Arsyad SAP MA mengemukakan, pada dasarnya Pemkab HSS sudah siap menanggulangi bencana jika sewaktu-waktu terjadi. “Sumber dana di APBD juga sudah kita siapkan," ucapnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati HSS juga mengemukakan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan antisipasi dan mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan hal-hal yang mengundang bencana, termasuk terbakarnya lahan.

Baca Juga: Peringati Hari Kartini, Ratusan Warga HSS Diajak Sehat

Reporter: AHC01
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner