Nasional

Sosok Angela Tanoesoedibjo, Pendamping Wishnutama di Kemenpar

apahabar.com, JAKARTA – Angela Tanoesoedibjo. Dari nama belakangnya, Kita jelas sudah tahu. Angela merupakan putri Hary…

Featured-Image
Foto: Angela Tanoesudibjo. Foto-Detikcom

bakabar.com, JAKARTA – Angela Tanoesoedibjo. Dari nama belakangnya, Kita jelas sudah tahu.

Angela merupakan putri Hary Tanoesoedibjo, Ketum Partai Perindo.

Pagi tadi, Angela merapat ke Istana Kepresidenan. Dengan riasan tipis bernuansa peach serta rambut digerai alami, Angela terlihat segar. Ia mengenakan kemeja putih, ala-ala Menteri Kabinet Kerja.

Wanita 32 tahun ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mendampingi Wishnutama.

Berikut sosoknya, seperti dirangkum Detikcom:

1. Sempat Digadang-gadang Menjadi Menteri Muda

img

Foto: Angela Tanoesoedibjo. Foto-msn.com

Pada awal Mei 2019, muncul wacana bahwa kabinet yang dibentuk Jokowi akan menggandeng kalangan muda sebagai menteri. Nama Angela muncul dan sempat disodorkan sebagai kandidat.

Nama putri bos media itu terlontar dari pernyataan Sekjen Perindo Ahmad Rofiq kala itu.

Partai Perindo memiliki beberapa kandidat yang sesuai dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi –saat itu masih menjadi calon presiden incumbent– bahwa ingin menunjuk menteri dengan usia 20 – 30 tahun.

“Angela Herliani Tanoesoedibjo. Usianya 32 tahun. Dia sekarang aktif di dunia usaha. Juga sebagai direktur GTV juga. Cocok jadi panutan bagi generasi milenial,” sebut Rofiq, seperti dikutip dari detikNews.

Meskipun tidak terpilih menjadi menteri, Angela Tanoesoedibjo sepertinya diperhitungkan Presiden Jokowi untuk ikut bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

2. Terjun ke Dunia Politik di Usia Muda

img

Angela Tanoesoedibjo. Foto-news.detik.com

Angela Tanoesoedibjo tidak asing dengan dunia politik. Dia pernah maju sebagai caleg di Pileg 2019 dari Partai Perindo, Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo.

Namun keberuntungan belum berpihak padanya. Langkah wanita yang dikenal sebagai pengusaha ini terhenti karena pencapaian suaranya belum mencukupi syarat untuk menjadi anggota legislatif.

Dalam Partai Perindo sendiri, Angela menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal. Sementara jabatan Sekretaris Jenderal dipegang Ahmad Rofiq.

3. Berpengalaman di Media Massa dan Komunikasi

img

Angela Tanoesoedibjo. Foto-cantik.tempo.co

Sejak September 2016, Angela menjabat sebagai Direktur MNC Group. Ia juga merupakan direktur stasiun televisi GTV.

Berkaitan dengan jabatannya sebagai petinggi media, Angela bisa dibilang memang menekuni bidang komunikasi. Ia menyelesaikan pendidikan di Universitas Teknologi Sydney Australia pada 2008 dengan gelar Bachelor of Arts.

Sulung dari empat bersaudara ini kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas New South Wales pada 2010. Angela berhasil meraih gelar Master of Commerce di bidang Keuangan.

Baca Juga: Belasan Calon Wakil Menteri Merapat ke Istana, Berikut Daftarnya

Baca Juga: Jadi Menteri, Nadiem Makarim Pamit ke Karyawan Gojek

Baca Juga: Presiden Lantik Menteri Kabinet Indonesia Maju, Berikut Daftarnya

Editor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner