Kalsel

Sosialita Bawa Bupati Sukamta Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2021

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI)…

Featured-Image
Bupati Tanah Laut, Sukamta mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 kategori ekonomi, pada Malam Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif 2021 Inovasi Daerah Menjawab Tantangan Hidup Bersama Pandemi di MNC Conference Hall, iNews Tower Jakarta, Jumat (5/11) malam. Foto: Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) kategori ekonomi.

Bupati Sukamta menerima penghargaan tersebut secara langsung pada Malam Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif 2021 Inovasi Daerah Menjawab Tantangan Hidup Bersama Pandemi di MNC Conference Hall, iNews Tower Jakarta, Jumat (5/11) malam.

Bupati Sukamta berhasil mendapat penghargaan tersebut karena dinilai mampu mempertahankan perekonomian daerah dan mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertahan di tengah pandemi Covid-19, melalui inovasi Aplikasi E-Marketplace Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut (SosiaLita).

Sukamta pun mengaku bangga karena inovasi yang telah diciptakan mendapat apresiasi dan penghargaan dari MNC Portal Indonesia.

"Karena SosiaLita ini membantu UMKM kita di tengah pandemi, yang mana mereka benar-benar terpukul. Namun marketplace ini menjadi solusi sehingga UMKM kita tetap bangkit, berkembang dan bertransaksi sehingga bisa bertahan," ujar Bupati Sukamta, Sabtu (5/11).

Orang nomor satu di Tala itu mengungkapkan bahwa, jika berkaca pada krisis ekonomi Indonesia pada 1998 lalu, UMKM lah usaha yang masih bisa bertahan.

"Dengan pandemi ini yang dipukul adalah UMKM, sehingga saya mengutamakan agar UMKM terus hidup sehingga ada lah inovasi marketplace ini," ungkapnya.

Ke depan, Bupati Sukamta mengharapkan SosiaLita dapat menjadi rumah bagi UMKM di Bumi Tuntung Pandang untuk bisa menangkap belanja pemerintah daerah.

"Inilah pasar besar, inilah rumah UMKM Tala untuk tumbuh dan berkembang, sehingga pada saatnya nanti di Tala akan muncul UMKM yang besar sehingga bukan UMKM lagi melainkan usaha-usaha besar," harapnya.

Ia juga menambahkan bahwa marketplace SosiaLita akan diintegrasikan dengan e-Marketplace Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Dengan adanya integrasi dengan LKPP, insyaallah belanja instansi pemerintah daerah terutama pemerintah desa tidak lagi di bawah Rp50 juta, tetapi sampai dengan Rp200 juta. Inilah cara kami membesarkan UMKM di Tala yang punya tenaga kerja cukup bear dan menjadi penopang utama ekonomi di daerah," tambahnya.

Dengan adanya penghargaan tersebut, Bupati Sukamta menegaskan bahwa pihaknya terus semangat melakukan inovasi demi inovasi, baik pada bidang tata kelola pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya pandemi Covid-19 mendorong pemerintah agar segera terus melakukan inovasi yang sifatnya mengarah pada dunia digital.

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo yang juga membuka Malam Puncak Penganugerahan KDI 2021 bahwa mengatakan acara ini diinisiasi MNC Portal Indonesia sebagai apresiasi kepada kepala daerah yang memiliki inovasi tinggi dan memberikan inspirasi kepada daerah lain untuk memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat yang dipimpinnya.

“Jika daerah-daerah maju luar biasa, maka Indonesia juga akan maju dengan luar biasa,” ujar Hary.

Terlebih, adanya bonus demografi, maka dengan daerah-daerah yang maju pesat, Indonesia akan maju super pesat. Diprediksi dalam 10 tahun ke depan, penduduk Indonesia akan mencapai 300 juta jiwa.

“Mudah-mudahan banyak masyarakat mengetahui acara ini. Yang dinilai KDI terkait ekonomi, kesehatan, pelayanan masyarakat, dan pendidikan, dan inovasi memang sangat penting. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan kepada acara ini, dan selamat kepada para pemimpin daerah penerima award ini, karena di pandemi masih bisa memajukan ekonomi daerah, karena masih banyak masyarakat terdampak,” tutur Hary.

Sebagaimana diketahui, MNC Portal Indonesia menggelar Malam Puncak Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif 2021 sebagai apresiasi atas berbagai inovasi para kepala daerah yang mampu membangkitkan perekonomian masyarakatnya, memajukan pendidikan, kesehatan dan meningkatkan pelayanan publik.

Ajang Kepala Daerah Inovatif 2021 ini merupakan ajang ke-8 sejak 2014 dan telah menganugerahi sekitar 120 pemimpin daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Malam itu, sebanyak 16 kepala daerah menerima penghargaan atas inovasi dan kontribusi mereka.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Acara KDI 2021 disiarkan secara langsung di empat televisi, yaitu MNCTV, GTV, RCTI, dan Inews, dan sudah terintegrasi dari TV, portal berita online dan radio.

Komentar
Banner
Banner