Hot Borneo

Tambang Batu Bara dan Galian C di Banjarbaru Bikin Heboh, Polisi Lakukan Penyelidikan

Penemuan tambang batu bara dan galian c di Cempaka, Banjarbaru, bikin heboh. Aparat kepolisian langsung memberikan respons terkait temuan ini. 

Featured-Image
Nampak tumpukan batu bara saat kunjungan lapangan anggota dewan Banjarbaru ke wilayah Cempaka. Foto-Emi Lasari untuk apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Penemuan tambang batu bara dan galian c di Cempaka, Banjarbaru, bikin heboh. Aparat kepolisian langsung memberikan respons terkait temuan ini. 

"Nanti kami akan ke lapangan untuk melihat kondisinya," kata Kasat Reskrim Polres Banjarbaru, Iptu Zuhri Muhammad, ditemui bakabar.com, Jumat (6/1).

Baca Juga: Badut Anak Marak di Kapuas, Orang Tua Bisa Dipidana

Jika temuan itu terbukti, dia berjanji akan melakukan tindakan. Namun, saat ini pihaknya masih menyelidiki kebenaran informasi soal adanya aktivitas penambangan batu bara. 

Sebelumnya, Komisi II dan III DPRD Banjarbaru telah melakukan kunjungan langsung ke lokasi tambang batu bara dan galian c di perbatasan Kelurahan Sungai Tiung dan Cempaka.

Dari kunjungan lapangan itu, mereka mendapati beberapa galian c yang tengah beroperasi dan tambang batu bara yang tak lagi beraktivitas.

Meski terkesan tak ada aktivitas, tapi para wakil rakyat melihat secara langsung adanya tumpukan batu bara di kawasan tersebut.

"Saat kami ke lapangan, tak ada aktivitas pertambangan batu bara. Namun, terlihat bekas-bekasnya," ujar Ketua Komisi III DPRD Banjarbaru, Emi Lasari.

Baca Juga: Brakkk... Pria Paruh Baya Tewas Seketika dalam Kecelakaan Maut di Trikora Banjarbaru

Pihaknya juga masih berupaya mengecek izin galian c yang ada di kawasan tersebut. Dia mengatakan ranah perizinan itu ada di Pemprov Kalsel.

Selain mengecek dari sisi legalitas, pihaknya juga akan fokus pada lahan bekas galian yang berdampak pada kerusakan lingkungan.

Nanti, kata dia, anggota dewan akan melakukan pengecekan terkait perusahaan mana saja yang bertanggungjawab terhadap lubang bekas galian tersebut.

Sedangkan untuk pertambangan yang tidak berizin, Emi meminta pada aparat penegak hukum untuk menindak tegas sesuai dengan tupoksinya.

Editor


Komentar
Banner
Banner