Piala Dunia Qatar 2022

Skuad Bertabur Bintang, Timnas Portugal Diunggulkan pada Piala Dunia Qatar 2022

Tim nasional Portugal dipastikan hadir dalam perhelatan Piala Dunia akan digelar 20 Nov 2022 sampai 18 Des 2022 di Qatar.

Featured-Image
Skuat Timnas Portugal (Foto: portugoal.net)

bakabar.com, JAKARTA – Tim nasional Portugal dipastikan hadir dalam perhelatan Piala Dunia digelar 20 Nov 2022 sampai 18 Des 2022 di Qatar.

Masuk kedalam Grup H, Portugal akan bersaing dengan Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan untuk merebut tiket ke fase gugur yang diselenggarakan mulai 24 November hingga 2 Desember mendatang.

A Selecao julukan Timnas Portugal didominasi oleh pemain-pemain bertalenta dan jika melihat lebih jauh, kesebelasan tersebut ditaburi dengan pemain-pemain handal di masing-masing klub saat ini, meliputi:

Susunan Pemain

Kiper: Diogo Costa (Porto)

Belakang: Joao Cancelo (Manchester City), Ruben Dias (Manchester City), Nuno Mendes (PSG), Danilo Pereira (PSG)

Gelandang:  William Carvalho (Real Betis), Ruben Neves (Wolves), Bruno Fernandes (Manchester United), Bernardo Silva (Manchester City), Diogo Jota (Liverpool)

Depan: Cristiano Ronaldo (Manchester United)

Di atas angin, Portugal berada pada peringkat teratas sebagai tim yang difavoritkan dari penghuni Grup H lain. Sudah semestinya karena mereka tidak hanya mumpuni, namun juga memiliki pengalaman bermain yang matang pada laga-laga krusial.

Baca Juga: Qatar 2022 Saksi Piala Dunia Terakhir Lionel Messi

Selama tampil di Piala Dunia sebanyak 8 kali Timnas Portugal memang belum pernah juara Piala Dunia, namun sempat menyabet gelar Juara Piala Eropa 2016 dan Juara Nations League 2019.

Perjalanan Portugal lolos ke Piala Dunia 2022 melalui jalur playoff, mereka tergabung di Grup A pada masa kualifikasi dan finis di urutan kedua di bawah Serbia. Ronaldo dkk menyelesaikan fase grup dengan meraih 17 poin, selisih tiga angka dengan Serbia.

Pelatih Pengalaman

Fernando Santos mengawali karier kepelatihannya pada musim 1987/1988 saat menangani Estoril Praia, dari situlah Santos mulai mengukir pengalaman di beberapa tim Portugal hingga Yunani.

Pria kebangsaan Portugal tersebut merupakan salah satu pelatih yang paling lama menangani klub berjersey merah itu. Sejak ditunjuk menjadi pelatih pada September 2014, Santos berjasa membawa Cristiano Ronaldo menjuarai Piala Eropa 2016 untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Harapan Timnas Prancis Ada di Punggung Benzema

Ia juga menjadi bagian saat Portugal merebut trofi UEFA Nations League 2019, dari prestasi bersamanya, federasi sepak bola Portugal juga memperpanjang kontraknya hingga Piala Eropa 2024 mendatang.

Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi pembuktian bagi pelatih berusia 68 tahun itu, bahwa dirinya akan mempersembahkan trofi Piala Dunia pertama untuk negaranya.

Editor


Komentar
Banner
Banner