Pemkab Banjar

Sinergi dengan BIN dan Dinkes Banjar, Ratusan Warga Binaan LPN Karang Intan Divaksin Booster

apahabar.com, MARTAPURA – Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (LPN) Kelas IIA Karang Intan menerima vaksinasi…

Featured-Image
Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (LPN) Kelas IIA Karang Intan menerima vaksinasi dosis ke-3 atau booster, Kamis (14/4). Foto-Ist

bakabar.com, MARTAPURA - Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (LPN) Kelas IIA Karang Intan menerima vaksinasi dosis ke-3 atau booster, Kamis (14/4).

Berlangsung di Aula Ruang Kunjungan, vaksinasi booster bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar, UPT Puskesmas Karang Intan I selaku pelaksana lapangan.

“Ini masih dalam rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58. Bekerja sama dengan BIN dan Dinkes Banjar, kita mentargetkan 515 warga binaan,” ujar Dokter Nanda, petugas kesehatan Poliklinik Lapas Narkotika Karang Intan.

“Dosis yang digunakan ada AstraZeneca dan Pfizer, masing-masing ½ dosis. Sama seperti yang sebelumnya, ada beberapa warga binaan yang harus ditunda booster-nya karena komorbid dan pertimbangan medis lainnya," sambungnya.

Sebelum disuntik vaksin booster, warga binaan mengisi lembar skrining yang disediakan, kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan dasar, mulai dari suhu tubuh, tekanan darah, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang muncul pasca vaksinasi dosis pertama dan kedua.

“Jika hasil pemeriksaan dinyatakan sehat, kemudian menerima vaksinasi booster yang dilakukan oleh petugas dan diakhiri dengan observasi,” tutur Nanda.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo meninjau langsung pelaksanaan kegiatan mengatakan, kegiatan vaksinasi booster merupakan ikhtiar untuk memberikan perlindungan dari Covid-19, sekaligus bagian dari pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Lapas Narkotika Karang Intan.

“Meskipun mayoritas warga binaan sudah menerima booster, saya tetap berpesan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, harus rajin mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker saat beraktivitas di luar," ungkap Kalapas.

Pada kegiatan vaksinasi booster tadi, juga hadir Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kanwil Kemenkumham Kalsel Sri Yuwono, Kepala Dinkes Kabupaten Banjar dr Yasna Khairina, Kepala Puskesmas Karang Intan I Miftahul Hasanah, perwakilan World Health Organization (WHO) dr Olivi Silalahi, perwakilan UNICEF Indonesia Jana Fitria Kartika Sari, Kepala BIN Daerah, dan anggota TNI-Polri.

Muncul Arahan Tiap ASN Pemkab Banjar Belanja ke Pasar Wadai Ramadan Martapura



Komentar
Banner
Banner