Pendaftaran Kartu Prakerja

Siap-Siap! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Dibuka Malam Ini

Pendaftaran kartu pra kerja gelombang 48 Bakal Dibuka Malam Ini pukul 19.00 WIB.

Featured-Image
Ilustrasi akses laman pendaftaran akun prakerja. (Foto: apahabar.com/Leni)

bakabar.com, JAKARTA - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 48 dibuka malam ini pada pukul 19.00 WIB. Ini merupakan gelombang pertama yang menerapkan skema normal atau fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Nantinya, pendaftaran dibuka untuk 10.000 peserta, dan kuota peserta ditentukan berdasarkan jumlah lembaga pelatihan.

"Pada hari ini pukul 19.00 program kartu prakerja gelombang 48 dibuka dengan kuota 10 ribu peserta. Sekali lagi diingatkan ini hanya 10 ribu pekerja, nanti akan dinaikan sesuai dengan lembaga pelatihan yang bergabung dalam ekosistem kartu prakerja,” ungkap Menko Perekonomian Airlangga saat konferensi pers pembukaan pra kerja, Jumat (17/2).

Airlangga menjelaskan alasan dibatasinya kuota peserta Kartu Prakerja gelombang 48 lantaran adanya penyesuaian dengan lembaga pelatihan yang masuk dalam ekosistem Kartu Prakerja masih terbatas. 

Baca Juga: Program Kartu Prakerja, Terbukti Berikan Banyak Manfaat

"Mengapa pelatihan ini dibatasi, kuotanya dibatasi? karena menyesuaikan dengan program pendaftaran lembaga pelatihan yang dikurasi oleh manajemen pelaksana dari program kartu Prakerja itu," imbuhnya.

Karenanya, Airlangga membuka ruang bagi lembaga pelatihan untuk bergabung dalam ekosistem Kartu Prakerja, utamanya yang berlokasi di timur dan tengah Indonesia.

"Pemerintah mengajak lembaga pelatihan berkualitas untuk mengikuti seleksi penyedia pelatihan terutama lembaga pelatihan dari wilayah Indonesia Tengah, Indonesia Timur secara khusus di kota-kota yang sangat terbuka adalah Pontianak, Makassar, Kupang, Jayapura," ujarnya.

Sebagai informasi, masyarakat yang berminat mengikuti program Kartu Prakerja dapat mendaftar melalui www.prakerja.go.id. Pendaftaran dilakukan secara mandiri dan tidak bisa diwakilkan.

Baca Juga: Belum Pernah Ikut Program Kartu Prakerja, Gelombang 48 Segera Dibuka

"Masyarakat berusia 18-64 tahun dipersilakan untuk mendaftar melalui www.prakerja.go.id secara mandiri tanpa diwakilkan atau joki. Kesempatan ini terbuka bagi yang belum pernah mendapat kesempatan lolos Kartu Prakerja," terang Airlangga.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja 2023:

1. Login www.prakerja.go.id
2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.
3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.
4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
5. Setelah mengikuti tes secara online, klik 'Gabung' pada gelombang Kartu Prakerja yang dibuka.
6. Tunggu pengumuman lolos program Kartu Prakerja.

Editor


Komentar
Banner
Banner