Hot Borneo

Siaga Karhutla, Heli Water Bombing Tiba di Kalsel Bulan Ini

Marak kasus kebakaran hutan dan lahan di Banua, membuat Pemprov Kalsel melalui BPBD mengupayakan heli water bombing dan pesawat teknologi modifikasi cuaca atau

Featured-Image
Heli water bombing akan tiba di Kalsel bulan ini. Foto-dokumen

bakabar.com, BANJARBARU - Maraknya kasus kebakaran hutan dan lahan membuat Pemprov Kalsel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengupayakan untuk mendatangkan heli water bombing dan pesawat teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kalsel, Bambang D. Mulyadi, menyampaikan pihaknya sedang melakukan komunikasi secara intensif dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar bantuan bisa tiba bulan ini.

"Insyaallah paling lambat akhir Juni TMC dan  helikopter water bombing datang ke Kalsel," ujar Bambang, Senin (12/6).

Baca Juga: Kabar Duka, Jemaah Haji Asal Batola Meninggal Dunia di Madinah

Sementara pesawat TMC akan dijalankan oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional.

TMC difungsikan untuk pembasahan lahan lebih awal dengan cara mengisi semua waduk dan embung dengan hujan buatan.

Karhutla di Banua memang mulai marak. Pemprov Kalsel sampai harus menetapkan status siaga darurat karhutla dan kekeringan.

Kepala BPBD Kalsel, Suria Fadliansyah, mengatakan surat edaran terkait penetapan status siaga dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sudah mereka terima beberapa waktu lalu. 

"Status siaga mulai Rabu (31/5) lalu sampai 15 November 2023 mendatang," ungkapnya.

Baca Juga: Mahasiswa se-Kalsel Mencari Supian HK, Datangi Kantor DPRD Suarakan Kerusakan Lingkungan

Ada beberapa dasar yang membuat Pemprov Kalsel menetapkan status siaga karhutla. Pertama, berdasarkan prakiraan BMKG, musim kemarau dimulai pertengahan Mei dan puncaknya Agustus hingga September 2023.

Selain itu, dua kabupaten dan kota juga telah menetapkan status siaga yakni Kota Banjarbaru dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Editor


Komentar
Banner
Banner