Kalsel

‘Si Duri Hitam’ Juara Kontes Durian 2020 Kabupaten Banjar

apahabar.com, MARTAPURA – Setelah melalui seleksi penjurian dalam kontes Durian 2020 Kabupaten Banjar, Eldi Afani meraih…

Featured-Image
Eldi Afani meraih juara umum dengan durian unggulannya bernama ‘Si Duri Hitam’ menerima hadiah dari Bupati Banjar KH Khalilurrahman. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Setelah melalui seleksi penjurian dalam kontes Durian 2020 Kabupaten Banjar, Eldi Afani meraih juara umum dengan durian unggulannya bernama ‘Si Duri Hitam’.

“Saya namakan begitu sesuai dengan bentuknya, memiliki duri hitam,” ujar Eldi kepadabakabar.comusai penyerahan hadiah yang digelar di Danau Tamiyang, Desa Mandikapau, Rabu (8/1) siang.

Tak menyangka bisa menyabet gelar juara, kontes ini menjadi kali kedua yang dia ikuti. Namun untuk Si Duri Hitam, baru tahun ini dia ikutkan dalam perlombaan.

“Tahun sebelumnya gagal karena isinya jelek, kurang tebal. Ini (Si Duri Hitam) baru pertama kali ditampilkan karena tahun lalu belum berbuah,” bebernya

Meraih 765,5 poin dari hasil penjurian, Eldi mengaku pasrah pada penilaian para juri. Namun menurutnya, keunggulan dari durian miliknya adalah dari segi rasa, ketebalan serta beratnya.

“Rasanya pulen dan manis, tidak ada pahitnya. Isinya juga tebal dan bijinya kecil,” sebutnya

Menjadi petani Durian selepas SMA, Eldi mengaku tidak sulit melakukan perawatan pada kebun durian miliknya. Dibeberkannya, untuk Si Duri Hitam dia tanam di lahan yang dekat dengan sumber air.

“Penanamannya dekat dengan sungai, jadi meskipun panas tetap menghasilkan. Alhamdulillah, tidak pernah diserang hama. Yang penting perawatan, jangan terlalu banyak rumput-rumputnya,” jelasnya.

Selain gelar juara, pria asal Mandi Kapau Barat ini juga meraih beberapa hadiah yang dia bawa pulang diantaranya plakat, piagam dan uang pembinaan sebesar 10 juta rupiah dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura. Satu buah sepeda dari Bank Kalsel, dan beberapa hadiah lainnya.

Baca Juga: Ini Dia Nama-Nama Pemenang Festival Durian 2020 Banjar

Baca Juga: Terbesar, Ribuan Orang Tumpah Ruah di Festival Durian Murah di Banjar

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner