LIFESTYLE

Serupa Ikatan Cinta, Ini Legenda Asmara yang Libatkan Orang Ketiga

Eksistensi orang ketiga dalam suatu hubungan tak cuma dikisahkan dalam sinetron Ikatan Cinta. Kisah cinta segitiga juga terjadi di dunia nyata

Featured-Image
Ikatan Cinta mengisahkan hubungan asmara yang melibatkan orang ketiga (Foto: dok. Radar Malang)

bakabar.com, JAKARTA - Salah satu pemeran utama Ikatan Cinta, Amanda Manopo, undur diri dari sinetron tersebut. Tokoh yang dia lakoni, Andin, dituturkan meninggal dunia lantaran mengalami kecelakaan mobil.

Ikatan Cinta sendiri merupakan sebuah sinetron Indonesia yang sudah mengudara sejak 2020 lalu. Tayangan ini mengangkat premis mengenai kisah percintaan antara Andin dan suaminya, Aldebaran, yang tak luput dari kehadiran orang ketiga.

Dikisahkan, Andin semula hendak menikah dengan kekasihnya, Nino, yang ternyata adalah mantan pacar adiknya, Elsa. Singkat cerita, mereka tetap melanggeng ke pelaminan. Tetapi, rumah tangga keduanya tak berlangsung lama.

Nino menceraikan Andin kala dirinya ditangkap polisi dengan tuduhan membunuh mantan kekasihnya, Roy. Setelah bebas dari penjara, Andin dipersunting lelaki bernama Aldebaran, yang rupanya adalah saudara Roy.

Dia menikahi Andin dengan tujuan balas dendam. Sebab itulah, biduk rumah tangga mereka tak terlepas dari berbagai macam persoalan. Termasuk, perihal kehadiran orang ketiga.

Eksistensi orang ketiga dalam suatu hubungan tak cuma dikisahkan dalam sinetron. Kisah cinta segitiga juga terjadi di dunia nyata. Malahan, beberapa di antaranya terkenal mendunia, sampai terus dituturkan dari masa ke masa.

Lantas, legenda paling ternama apa saja yang menuturkan kisah cinta segitiga? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Perselingkuhan Berulang Raja Henry VIII

Siapa sangka, pemimpin tertinggi suatu negara juga tak luput dari skandal perselingkuhan yang melibatkan orang ketiga. Adalah Raja Henry VIII, sang penguasa Inggris yang berselingkuh dari istrinya, Catarina D’Aragon.

Usut punya usut, masuknya orang ketiga dalam hubungan keduanya bermula ketika sang Raja merasa jenuh lantaran tak kunjung mendapat pewaris laki-laki dari istrinya. Di fase tersebut, dia jatuh cinta dengan Anne Boleyn, yang merupakan pendamping Catarina.

Aturan kerajaan agaknya bukan penghalang bagi cinta Raja Henry VIII dan Boleyn. Keduanya pun melangsungkan pernikahan pada 1533, yang disebut-sebut jadi penyebab gereja Inggris memisahkan diri dari otoritas Roma.

Miris, Raja Henry VIII masih belum puas dengan pernikahan keduanya. Dia kembali jatuh cinta dengan perempuan bernama Jane Seymour. Namun, kali ini, dia tak langsung  mempersunting selingkuhannya itu.

Raja Henry VIII sadar betul bahwa dia tak lagi bisa menikahi gadis lain. Sebab itulah, dirinya mencari cara untuk menyingkirkan Boleyn. Benar saja, istri kedua sang Raja tersebut dituduh berselingkuh dan menggunakan sihir, sehingga dijatuhi hukuman mati.

Legenda Goa Cinta Mayang Sari

Indonesia juga punya kisah cinta segitiga yang melegenda. Adalah Goa Cinta Mayang Sari, tempat yang diduga menjadi saksi bisu atas perselingkuhan Nyimas Kunti Mayang Sari.

Konon, goa yang terletak di Kabupaten Sukabumi itu merupakan tempat terungkapnya cinta segitiga antara Mayang Sari dengan dua jejaka keturunan Kerajaan Padjajaran, yakni Anji Kanca Langlang Buana dan Ageng Kanca Laksana.

Kedua jejaka ini ternyata adalah kakak beradik. Namun, legenda yang beredar mengatakan bahwa Nyimas Kunti tidak tahu-menahu perihal hubungan darah yang terjalin antara kedua kekasihnya itu.

Percintaan Raja Mokoli yang Berujung Tragis

Selain Goa Cinta Mayang Sari, ada pula cerita rakyat yang beredar di tengah masyarakat Suku Tolaki. Kisah tersebut menuturkan percintaan segitiga yang melibatkan Raja Konawe dengan dua wanita.

Alkisah, Raja Konawe bernama Mokoli Ramdalangi jatuh cinta dengan seorang wanita yang disebut-sebut sebagai titisan Ratu Adil, Wekoila. Keduanya pun memutuskan untuk menikah.

Namun, sebelum mempersunting Wekoila, ternyata Raja Mokoli sempat memberi harapan cinta pada gadis lain yang bernama Anamia Ndopo. Merasa sakit hati atas pengkhianatan sang Raja, Anamia pun bertekad membalas dendam.

Dirinya mendatangi pernikahan Raja Mokoli dengan Wekoila. Bukan sebagai tamu undangan, melainkan menyamar menjadi penari lariangi di acara itu. Setelah berhasil memasuki pesta pernikahan sang Raja, Anamia pun membunuhnya.

Demikianlah sederet legenda ternama yang mengisahkan hubungan asmara dengan kehadiran orang ketiga. Pernah mengalami pengkhianatan serupa di kehidupan Anda sendiri?

Editor


Komentar
Banner
Banner