Kalsel

Sertifikasi Pekerja Konstruksi Kali Kedua Digelar di SDL Martapura

apahabar.com, MARTAPURA – Percepatan sertifikasi pekerja konstruksi kali kedua dilaksanakan di depan Stadion Demang Lehman (SDL)…

Featured-Image
Peserta bersama dengan Wakil Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur.Foto-apahabar.com/AHC 15

bakabar.com, MARTAPURA - Percepatan sertifikasi pekerja konstruksi kali kedua dilaksanakan di depan Stadion Demang Lehman (SDL) Kelurahan Indrasari, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar pada Kamis (31/7/2019) sekitar pukul 09.0 wita.

Sertifikasi pekerja konstruksi ini dihadiri Wakil Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, H. Muhamad Hilman, Kepala Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), Subhan Syarief, Kepala Bagian Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK), Diki Renaldi.

Sebanyak 300 tukang dari 6 Kecamatan di Kabupaten Banjar mengikuti kegiatan tersebut. Yakni dari Kecamatan Martapura Kota, Kecamatan Martapura Timur, Kecamatan Martapura Barat, Kecamatan Astambul, Kecamatan Cinta Puri Darussalam, Kecamatan Karang Intan.

Wakil Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur dalam sambutannya mengatakan, pemberian Sertifikasi tersebut dilakukan untuk memasuki Era Global, karena Indonesia sudah mengikuti dan menandatangani Masyarakat Ekonomi Asia (Asia Tenggara).

"Jadi jangan bingung jika nantinya ada pekerja asing yang masuk ke negara kita, bahkan sebaliknya kitapun juga sudah ada yang menjadi pekerja di luar negeri, karena Era Global semua bersaing," ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut adalah upaya pemerintah pusat yang bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan tujuan, agar para Pekerja konstruksi yang ada di Kabupaten Banjar dapat bersaing baik dengan pekerja yang ada di luar Kabupaten Banjar ataupun luar negeri.

"Karena menurut pengalaman saya pribadi, ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan oleh kita. Makanya, pekerja luar negeri datang ke sini untuk melakukan pekerjaan, bukan karena tidak ada lapangan pekerjaan untuk kita namun karena ada pekerjaan yang tidak mampu kita kerjakan secara nasional," tuturnya.

Kegiatan tersebut dikatakan oleh Saidi adalah pertaruhan bagi Kepala Dinas PUPR khususnya dibidang jasa konstruksi untuk terus berupaya meningkatkan keterampilan para pekerja konstruksi yang ada di Kabupaten Banjar.

"Jadi ini bukan hanya pembinaan tapi juga agar bisa berkelanjutan, dan bisa mereka menambah kualitas mereka, walaupun ini adalah pekerjaan yang paling rendah, namun dengan monitoring yang baik,insya Allah masyarakat kita bisa menjadi lebih maju lagi di bidang pembangunan serta bisa bersaing baik di dalam negri atau luar negri," katanya.

Wakil Bupati Banjar, mengatakan jika dalam kegiatan tersebut kebanyakan diikuti oleh masyarakat yang ada di desa. Dia juga berharap, peningkatan jasa konstruksi untuk pembangunan di desa.

Dalam kegiatan tersebut, Saidi juga berharap agar para peserta mengikutinya dengan baik. Karena dalam kegiatan itu tidak hanya diberikan sertifikasi saja namun juga dilakukan ujian, melalui pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan mereka.

"Semoga semua bisa lulus dengan baik," katanya.

Sebelumnya PUPR Kabupaten Banjar menggelar kegiatan serupa di Terminal Gambut Barapat (TGB) Km. 17.00 pada Selasa (30/7/2019) kemarin.

img

Foto-bakabar.com/AHC15

Baca Juga: Penjelasan PDAM Kusan Hilir Soal Distribusi Air Tak Maksimal

Baca Juga: Reporter Humas Provinsi Kalsel Ikuti Sindo's Jurnalism Class

Reporter: AHC 15Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner