Sport

Sergio Busquets Umumkan Pensiun dari Tim Nasional Spanyol

Gelandang veteran, Sergio Busquets mengumumkan pengunduran dirinya dari karir sepakbola internasional, menyusul kegagalan tim nasional Spanyol di Qatar.

Featured-Image
Gelandang veteran tim nasional Spanyol, Sergio Busquets (kanan) mengumumkan pensiun dari sepak bola Internasional. (Foto: Twitter @SEFutbol)

bakabar.com, JAKARTA - Gelandang veteran, Sergio Busquets mengumumkan pengunduran dirinya dari karir sepakbola internasional, menyusul kegagalan tim nasional Spanyol pada Piala Dunia 2022.

Keputusan ini diungkapkan oleh pemain berusia 34 tahun tersebut lewat akun pribadi Instagram miliknya, Jumat (16/12) waktu Spanyol.

“Saya ingin mengumumkan bahwa setelah hampir 15 tahun dan 143 pertandingan, saatnya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional.”

“Merupakan suatu kehormatan untuk mewakili tim nasional dan membantu mengangkatnya lebih tinggi, menjadi juara Eropa dan Dunia. Menjadi kapten dan telah memainkan begitu banyak pertandingan dengan tingkat kesuksesan tertentu dan selalu berusaha yang terbaik,” tulis Busquet di akun instagramnya dalam bahasa Spanyol.

Gelandang klub Barcelona itu memulai karir sepakbola internasionalnya bersama La Furia Roja sejak debut pada tahun 2009. Di bawah asuhan Vicente Del Bosque, Busquets membentuk kesuksesan di lini tengah Spanyol bersama Xabi Alonso.

Dirinya menjadi bagian dari tim ikonis Spanyol yang mendominasi sepak bola dunia sejak 2009 hingga 2012. Puncaknya, Busquets berhasil membawa Spanyol sebagai juara Piala Dunia 2010, dan juga Piala Eropa pada tahun 2012.

Dirinya merupakan anggota terakhir dari skuad juara Spanyol 2010 yang berada di tim nasional Spanyol pada Piala Dunia 2022.

Langkah tim nasional Spanyol harus terhenti di babak perempat final, setelah kalah lewat babak adu penalti dari semifinalis Maroko.

Selama penampilannya bersama Spanyol, Sergio Busquets sudah melakukan penampilan sebanyak 143 laga, dan hanya rekan satu timnya di tahun 2010, yang memiliki penampilan lebih banyak yaitu Iker Casillas (167) dan Sergio Ramos (180).

Editor


Komentar
Banner
Banner