Pemprov Kalsel

Serahkan Penghargaan WCD, Paman Birin Harap Banjarbaru Jadi Pemantik Pengelolaan Lingkungan

apahabar.com, BANJARBARU – Bank Sampah Benawa Raya Mandiri terpilih menjadi juara pertama perlombaan pengelolaan sampah berbasis…

Featured-Image
Penghargaan WCD diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARBARU – Bank Sampah Benawa Raya Mandiri terpilih menjadi juara pertama perlombaan pengelolaan sampah berbasis masyarakat, yang juga masuk dalam rangkaian kegiatan World Cleanup Day (WCD) Indonesia 2020.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor di Komplek Benawa Raya RT. 046 RW. 003, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Selasa (15/9).

“Semoga menjadi pemantik untuk mendorong upaya pengelolaan lingkungan dengan mewujudkan dunia bebas sampah,” kata Sahbirin.

Melalui gerakan ini, seluruh masyarakat diharapkan turut serta menyukseskan misi kelima Pemprov Kalsel dalam mengembangkan daya saing ekonomi daerah. Secara bertahap, hal itu akan mewujudkan kelestarian lingkungan.

“Banjarbaru mendapat gelar terbaik. Semoga ini menjadi pelopor untuk tempat-tempat yang masih banyak sampah atau tidak terpelihara. Mari kita terus perbaiki lingkungan di Kalsel, sebab agama juga mengajarkan bahwa kebersihan sebagian dari iman, ” ucap kepala daerah yang akrab disapa Paman Birin ini.

Perlombaan pengelolaan sampah ini adalah wujud komitmen pemerintah dalam mewujudkan lingkungan yang nyaman bagi masyarakat. Kompetisi ini diikuti 15 peserta dari 5 kabupaten yang tergabung dalam wilayah Banjarbakula.

“Satu hal pesan Pak Gubernur yaitu seorang pemimpin harus kalau mencintai rakyatnya berarti harus mencintai lingkungan. Itu menjadi poin penting,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana.

Sebagai juara pertama, Bank Sampah Benawa Raya Mandiri berhak mendapatkan hadiah satu buah kendaraan roda tiga pengangkut sampah. Pemprov Kalsel bersama Pemerintah Kota Banjarbaru yang dihadiri oleh Darmawan Jaya juga menyerahkan bantuan seribu buah sapu, seratus tumbler dan pupuk kompos.

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner