Gaya Hidup

Serabi hingga Kue Putu, Jajanan Manis Terbaik Dunia Versi Taste Atlas

Kian banyak kuliner Indonesia yang menunjukkan pamor di mata dunia. Di antaranya serabi, pisang goreng, kue ape, dan kue putu.

Featured-Image
Serabi berada di posisi kedua jajanan manis terbaik di dunia versi Taste Atlas. Foto: Bisnis UKM

bakabar.com, JAKARTA - Kian banyak kuliner Indonesia yang menunjukkan pamor di mata dunia. Di antaranya serabi, pisang goreng, kue ape, dan kue putu.

Empat kuliner dari Indonesia tersebut masuk ke dalam daftar street food atau jajanan manis terbaik dunia versi Taste Atlas.

Tak tanggung-tanggung, keempat kuliner itu menduduki jajaran 20 besar dari daftar jajanan manis terbaik dunia.

Bersanding dengan makanan manis dari negara lain yang tak kalah populer seperti hotteok dari Korea Selatan, atau churros dari Spanyol.

Dikuti dari CNN, serabi berada di posisi 2 jajanan manis terbaik di dunia. Serabi berada di antara pastel de nata (Portugal) di posisi pertama dan dondurma (Turki) di urutan 3.

Sementara pisang goreng berada di posisi 7, diikuti kue ape di peringkat 15, serta kue putu di urutan 20.

Taste Atlas sendiri menyebut serabi sebagai pancake tradisional Indonesia berukuran kecil yang diolah dengan tepung beras dan pilihan santan atau kelapa parut.

Serabi sendiri tersedia dalam versi manis dan gurih, serta dapat diadaptasi dengan tepung terigu dan berbagai topping seperti gula, pisang, kacang tumbuk, nangka, taburan cokelat, atau oncom fermentasi.

Sekarang serabi ditambahkan topping modern seperti termasuk daging, sosis, atau es krim.

"Serabi ditemukan di seluruh Jawa, tetapi biasanya dikaitkan dengan Bandung dan Solo," demikian keterangan yang ditulis dalam laman Taste Atlas

"Serabi biasanya disertai sirup kinca berbahan dasar stroberi, durian, atau kelapa, dan terutama dijual sebagai makanan jalanan yang cepat dan nyaman," tambah keterangan tersebut.

Sedianya berbagai daerah di Indonesia memiliki serabi khas. Bahkan serabi di Kalimantan Selatan disebut dengan beberapa nama. Mulai dari apam batil, apam dangkak, hingga lumba.

Adapun di Bali, serabi dikenal dengan nama jaje laklak. Sedangkan di Sumatera Barat, terdapat serabi bernama pinukuik.

Selain serabi, pisang goreng, kue putu, dan kue ape, terdapat street food manis lain yang masuk dalam daftar street food/jajanan manis terbaik di dunia versi Taste Atlas. Berikut daftarnya:

1. Pastel de nata (Portugal)
2. Serabi (Indonesia)
3. Dondurma (Turki)
4. Hoetteok (Korea Selatan)
5. Pa thong ko (Thailand)
6. Liege waffles (Belgia)
7. Pisang goreng (Indonesia)
8. Garrapinada (Uruguay)
9. Guafre (Prancis)
10. Poffertjes (Belanda)
11. Khao niao mamuang (Thailand)
12. Egg waffle (Hong Kong)
13. Picarones (Peru)
14. Mysore pak (India)
15. Kue ape (Indonesia)
16. Cubanitos (Kuba)
17. Taiyaki (Jepang)
18. Kulfi (India)
19. Leche frita (Spanyol)
20. Kue putu (Indonesia)

Editor


Komentar
Banner
Banner