Kalsel

Sepanjang 2019, 67 Peristiwa Kebakaran di Banjarmasin Telan Kerugian Rp 49 Miliar Lebih

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin mencatat ada 88 peristiwa kebakaran yang terjadi…

Featured-Image
Peristiwa kebakaran yang sempat melanda Kota Banjarmasin tempo hari. Foto-dok

bakabar.com, BANJARMASIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin mencatat ada 88 peristiwa kebakaran yang terjadi sepanjang 2019.

Di antaranya sebanyak 67 kebakaran yang melanda permukiman penduduk, 20 kebakaran bangunan seperti kios, toko, dan lainnya. Sementara 1 kasus kebakaran speed boat. Total kerugian semuanya sekitar Rp 49.751.719.000.

“Angka ini lebih tinggi dibandingkan kejadian kebakaran di tahun 2018 cuma 78 kasus,” ujar Kepala BPBD Banjarmasin Muhammad Hilmi.

Sementara itu, untuk pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang tercatat ada 19 kejadian. Sebanyak 21 pohon tumbang menutup akses jalan umum.

Kemudian untuk orang tenggelam tercatat ada 8 kejadian dengan 6 orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“1 orang bisa diselamatkan, dan 1 orang hingga kini belum ditemukan,” ungkapnya.

Lalu untuk penanganan binatan liar berbahaya, ular selama 2019, BPBD Banjarmasin sudah 3 kali melakukan evakuasi. Ular tersebut berjenis piton yang masuk permukiman warga.

Teranyar yakni BPBD diminta warga menangkap monyet liar. “Hewan liar itulah masuk ke permukiman warga yang tentu saja sangat meresahkan,” tuturnya.

Untuk Evakuasi lebah ada jenis Tawon sepanjang tahun tercatat ada 15 kali penanganan. Rincian penanganan Tawon 5 kali dan Lebah 10 kali yang sempat memakan korban 7 orang terkena sengatan.

Kemudian untuk kebakaran lahan di Kota Banjarmasin tercatat ada 21 kejadian dengan data total luas lahan terbakar 53,5 hektar, yang didominasi lahan pertanian pasca panen.

Adapun bencana puting beliung terjadi 3 kali sepanjang tahun 2019. Peristiwa itu merusak 5 rumah warga. Rata-rata kerusakan pada bagian atap, dengan data terdampak 7 KK 27 Jiwa.

Lain lagi dengan bencana banjir akibat air pasang dan hujan dengan intensitas tinggi. Tercatat ada 8 kali terjadi sepanjang tahun di 8 lokasi berbeda.

Baca Juga: Sambangi Korban Kebakaran Pekapuran Laut Banjarmasin, Cuncung Prihatin

Baca Juga: Kebakaran Maut Pekauman, Korban Sempat Keluar Minta Tolong

Baca Juga: Kebakaran Pekauman, Korban Tewas dalam Posisi Sujud

Baca Juga: Kebakaran di Pekauman, Dua Pria Tewas Terpanggang!

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner