Peristiwa & Hukum

Sempat Hilang, 4 Remaja di Gunung Kudahaya HST Akhirnya Ditemukan

Warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dihebohkan dengan kabar hilangnya empat remaja di Gunung Kudahaya, Desa Cukan Lipai, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS

Featured-Image
Proses evakuasi empat remaja yang hilang di Gunung Kudahaya, Kecamatan Batang Alai Selatan, HST. Foto-Tangkapan layar.

bakabar.com, BARABAI - Warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dihebohkan dengan kabar hilangnya empat remaja di Gunung Kudahaya, Desa Cukan Lipai, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS).

Kasus hilangnya empat remaja tersebut terjadi pada Senin (28/11/23) sore sekitar pukul 17.00 Wita. 

Kabar itu tersebar melalui pesan teks dan pesan suara berdurasi 1.01 menit yang dikirim secara berulang-ulang di beberapa group WhatsApp emergency HST.

Kapolsek BAS, Ipda Bahrudin saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

"Iya betul ada empat orang hilang atas nama Najib, Saufi, Sahli, dan Hamid. Anggota kami langsung ke TKP untuk melakukan pencarian dan penyisiran bersama masyarakat setempat," jelasnya, Selasa (28/11/23).

Ia mengatakan dari hasil pencarian dan penyisiran, Muhammad Najib Rahman dan Akhmad Saufi Anwar ditemukan Selasa malam sekitar pukul 19.40 Wita. 

"Pencarian terus dilakukan hingga pada pukul 20.50 Wita, dua orang lagi ditemukan atas nama Hamid Alawi dan Muhammad Sahli Ta'dibi. Mereka semua dalam keadaan selamat," jelasnya.

Kronologi Peristiwa

Kronologi peristiwa hilangnya empat remaja ini berawal saat mereka ke Gunung Kudahaya, Desa Cukan Lipai untuk berfoto-foto sekitar Gua dan mau mandi.

"Mereka mendapat info dari Instagram bahwa di tempat tersebut ada sungainya. Mereka pergi ke sana, namun setelah mencari-cari tidak ada tempat untuk mandi sementara hari mulai senja," kata Kapolsek BAS, Ipda Bahrudin.

Karena tidak menemukan tempat mandi, kata Bahrudin mereka memutuskan pulang.

"Namun saat diperjalanan pulang, mereka dikabarkan hilang karena minimnya penerangan yang hanya menggunakan sentar handphone," ujarnya.

Ia mengatakan mereka tersesat di jalan, dengan kondisi jalan yang bercabang-cabang dan harus melewati hutan belantara.

"Hal tersebut yang membuat mereka lupa jalan pulang sehingga mereka hanya berputar-putar di sekitar Gunung Kudahaya," paparnya.

Ia mengatakan setelah pihak kepolisian dan warga melakukan pencarian dan menemukan mereka.

Keempat remaja tersebut kemudian langsung di bawa turun dari Gunung Kudahaya.

"Setelah dibawa turun oleh warga dan pihak kepolisian, keempat remaja tersebut langsung pulang ke rumah masing-masing dalam keadaan selamat," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan pencarian dan penyisiran berakhir sekitar pukul 20.50 Wita usai ditemukannya keempat remaja tersebut.

Editor
Komentar
Banner
Banner