Pemkab Barito Kuala

Semarak Tahun Baru Islam di Batola, Ada Tanglong Kapal Hias dan Festival Habsyi

apahabar.com, MARABAHAN – Dibanding tahun-tahun sebelumnya, Tahun Baru Islam di Barito Kuala (Batola) akan terasa lebih…

Featured-Image
Penampilan salah satu peserta festival habsyi dalam Festival Muharram 1443 Hijriah yang digelar Disporabudpar Batola. Foto: Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN – Dibanding tahun-tahun sebelumnya, Tahun Baru Islam di Barito Kuala (Batola) akan terasa lebih meriah.

Dikemas dalam event bertajuk Festival Muharram, terdapat sejumlah kompetisi seni bernuansa Islami yang digelar sebelum maupun sesudah 1 Muharram 1444 Hijriah.

Salah satu perlombaan yang diyakini menarik perhatian adalah lomba tanglong kapal hias. Ini merupakan kegiatan perdana yang digelar di Bumi Selidah.

Adapun peserta terbuka untuk umum, tetapi khusus warga Batola. Peserta akan ditampilkan di Siring Ulek Marabahan, Sabtu (30/7) malam.

Adapun hiasan kapal disyaratkan tidak menyertakan lambang organisasi, negara, parpol, ormas, perusahaan maupun logo instansi.

Kemudian keesokan harinya, Minggu (31/7), dilangsungkan festival habsyi. Dilombakan kategori grup putra dan putri dengan persyaratan usia maksimal 35 tahun per 31 Juli 2022, serta warga Batola.

Berbeda dengan tanglong kapal hias, festival habsyi sudah pernah ditampilkan dalam Festival Muharram 1443 Hijriah atau 2021 Masehi.

Adapun pendaftaran rangkaian Festival Muharram 1444 Hijriah dapat dilakukan di Kantor Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Batola.

“Melalui rangkaian kegiatan tersebut, kami menginginkan Tahun Baru Islam menjadi lebih meriah dan hidup daripada Tahun Baru Masehi,” papar Bupati Batola, Hj Noormiliyani, Kamis (21/7).

“Mudah-mudahan semua yang dilakukan bisa menjadi salah satu legacy atau warisan dari Batola Setara dalam membangun masyarakat,” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner