Pemprov Kalsel

Selamat! Desa di Tapin Raih Juara Nasional di Hari BUMDes

Badan usaha milik desa bersama (Bumdesma) Surya Maju Abadi, Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin meraih juara terbaik tingkat nasional oleh Kementerian Desa.

Featured-Image
BUMDesma Surya Maju Abadi raih terbaik pertama tingkat nasional. Foto: MC Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Surya Maju Abadi, Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin meraih juara terbaik tingkat nasional oleh Kementerian Desa.

Juara yang diraih berkategori BUMDesma Inspiratif cepat tumbuh pada peringatan hari BUMdes. BUMDesma Surya Maju pun mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp10 juta oleh Menteri Desa, Abdul Halim Iskandar, di Kepulauan Riau, kemarin.

Dalam hal ini, Kalsel mengikutsertakan peserta pada 4 lomba tingkat nasional. Salah satunya lomba BUMDesma Inspiratif diwakili oleh BUMDesma Surya Maju Abadi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Faried Fakhmansyah mengatakan, prestasi yang diraih BUMDesma Surya Maju Abadi menjadi bukti bahwa BUMDes di Kalsel mampu menjadi motor penggerak ekonomi dan berpotensi untuk lebih berkembang pesat dalam memajukan desa.

Menurutnya, hal ini karena dukungan dan motivasi dari semua elemen. Faried pun mengapresiasi, prestasi dari BUMDesma Surya Maju Abadi sehingga lebih memotivasi para Kepala Desa di Kalsel untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan potensi desanya.

“Melalui pengurus BUMDes untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Faried.

Direktur BUMDesma Surya Maju Abadi, Eko Purnomo berharap, dari prestasi yang didapatkan dari lembaganya dapat lebih bermanfaat bagi warga, khususnya Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin.

Eko membeber, BUMDesma Surya Maju Abadi berdiri pada tanggal 23 Desember 2020 lalu dan bergerak di bidang usaha Pertashop dengan modal usaha Rp800 juta.

Lembaga ini memiliki penghasilan bersih Rp50 juta serta dapat menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp6.250.000 per desa dari 8 desa.

"Di antaranya Desa Asam Randah, Desa Bagak, Desa Batu Hapu, Desa Burakai, Desa Hatungun, Desa Kambang Kuning, Desa Matang Batas dan Desa Tarungin,” tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner