Kalsel

Selamat Datang Jemaah Haji Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Jemaah Haji Kalimantan Selatan yang tergabung dalam kloter pertama akhirnya menginjakkan kaki di…

Featured-Image
Jemaah haji Kalsel saat berada di Bandara Syamsuddin Noor. Foto-apahabar.com/Nurul Mufida

bakabar.com, BANJARMASIN – Jemaah Haji Kalimantan Selatan yang tergabung dalam kloter pertama akhirnya menginjakkan kaki di kota seribu sungai, Selasa (20/8) pukul 18.54 WITA. Kedatangan lebih cepat satu menit dari yang diagendakan.

Rombongan jemaah Banjarmasin dan Hulu Sungai Selatan (HSS) ini tiba di Asrama Haji pada pukul 20.12 WITA.

Dalam sambutannya, Kepala Kementrian Agama Kalsel, H Noor Fahmi menyebut ada penambahan enam jemaah pada kedatangan kloter pertama ini. “Jumlah jamaah ketika berangkat ada 318 orang dan saat kedatangan 324 orang,” sebutnya yang langsung disambur tepuk riuh jemaah.

Penambahan jemaah itu masing-masing terdiri dari 2 orang dari kloter 2, 6, dan 7. Pemulangan lebih cepat 6 jemaah disebabkan adanya seat yang kosong dan beberapa dalam kondisi sakit.

“Ada 7 seat yang kosong, masih ada satu lagi sebenarnya. Tapi memang harus dipercepat untuk kondisi yang sakit,” ucapnya kala diwawancarai awak media di lapangan bandara Syamsuddin Noor.

Masih dalam sambutannya, Fahmi memaparkan jemaah haji yang wafat hingga per tanggal 20 Agustus 2019 sebanyak 7 orang, terdiri dari 4 jemaah Kalsel dan 3 jemaah Kalteng.

“Semoga Allah SWT memberikan keampunan dan mengangkat derajat-derajat mereka,” ujarnya.

Usai membuka secara resmi kedatangan kloter pertama Kalsel, jemaah haji kemudian dipersilahkan untuk makan malam dan beristirahat.“Sebelum ke kamar, alangkah baiknya mencicipi Soto Banjar yang telah disediakan,” tuturnya.

Ia juga sempat menanyakan kabar mengenai salah satu pengusaha di Banjarmasin yaitu PT Riyal Tunggal Banjarmasin yang memberikan satu kali makan kepada para jemaah.“Kabarnya menyiapkan satu kali makan nasi kuning untuk semua jemaah Kalsel, betul tidak?,” tanya dia dan jawab serempak oleh jemaah yang membenarkan info tersebut. Tak lupa setelahnya, ia mengajak untuk mengucap syukur dan terima kasih.

Usai membuka secara resmi, Fahmi juga mempersilakan jemaah untuk melepas rindu bersama keluarga yang telah menunggu di luar pagar pembatas.

Meski sebelumnya keluarga jemaah dihimbau agar tidak menjemput saat waktu kedatangan , namun pantauan bakabar.com beberapa rombongan memenuhi area parkir Asrama Haji Banjarmasin sejak sore hari.

Rencananya jemaah akan dipulangkan dengan fasilitas bus menuju daerah masing-masing pada esok pagi. Sebelumnya, Fahmi mengingatkan jemaah tidak boleh pulang secara perorangan. Hingga berita ini dibuat, keluarga jemaah masih berkumpul di area Asrama Haji Banjarmasin.

img

Jemaah haji Kalsel saat berada di Asrama Haji. Foto-bakabar.com/Musnita Sari

Baca Juga: Kakanwil Kemenag Kalsel: Keluarga Jemaah Haji Harap Tunggu di Kota Masing-Masing

Baca Juga: Jemaah Haji Meninggal dari Embarkasi Banjarmasin Bertambah, Berikut Datanya

Reporter: Musnita Sari/Nurul MufidaEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner