Ramadan 2023

Selama Ramadan BI Papua Siapkan Uang Tunai Rp1,39 Triliun

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi PAPUA menyiapkan uang tunai Rp1,39 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode bulan Ramadan hing

Featured-Image
Ilustrasi penukaran uang tunai. (Foto: Kompas.com)

bakabar.com, JAKARTA - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Papua menyiapkan uang tunai Rp1,39 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode bulan Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H.

“Untuk kebutuhan uang tunai pada Ramadhan 2023 memang mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya senilai Rp1,33 triliun atau meningkat 3,1 persen,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Juli Budi Winantya.

Kenaikan kebutuhan uang tersebut menurut Juli dikarenakan beberapa faktor, di antaranya mobilitas masyarakat yang sudah mulai membaik setelah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tok! Bank Indonesia Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di Level 5,75 Persen

Juli Budi menerangkan jumlah kebutuhan uang rupiah tersebut akan didistribusikan melalui perbankan di wilayah Jayapura dan tujuh kas titipan Bank Indonesia di Biak, Merauke, Nabire, Sorong, Serui, Timika, dan Wamena.

Tak hanya itu, imbuh Juli Budi, dari aspek transaksi elektronik juga mengalami kenaikan signifikan.

Karena itu, pihaknya bersama perbankan di seluruh Papua telah menyediakan 107 titik layanan penukaran uang yang mencakup wilayah Provinsi Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

“Jumlah titik layanan penukaran pada bulan Ramadhan 1444 H juga mengalami penambahan menjadi 24 titik yang nantinya akan mempermudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran di wilayah masing-masing,” katanya lagi.

Baca Juga: Bank Indonesia Beri Syarat Ekonomi Indonesia 2023 di Atas 5 Persen

Dia menambahkan pihaknya juga menyediakan layanan penukaran uang melalui kas keliling ritel di wilayah Kota Jayapura seperti di pusat-pusat keramaian, kemudian kas keliling kepada lembaga/instansi di sekitar Kota Jayapura.

“Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR),” ujarnya lagi.

Editor


Komentar
Banner
Banner