Manfaat Jenggot

Selain Sunah Rasul, Ini Segudang Manfaat Memelihara Jenggot

Memanjangkan jenggot merupakan salah satu sunah Rasul, yang apabila dikerjakan bakal mendapat pahala.

Featured-Image
Pesona Chris Evans dengan jenggotnya. Foto: Invision AP.

bakabar.com, JAKARTA – Memanjangkan jenggot merupakan salah satu sunah Rasul, yang apabila dikerjakan bakal mendapat pahala. Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Umar.

“Potonglah kumismu dan biarkan jenggotmu panjang.” (HR Muslim)

Selain menjadi sunah Rasul, memelihara jenggot rupanya juga membawa segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Itulah sebabnya, tren ini bukan cuma dijalankan oleh pria muslim saja, melainkan juga aktor Hollywood kenamaan, seperti Leonardo Dicaprio dan Chris Evans.

Lantas, sebenarnya apa saja manfaat dari memelihara jenggot? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Melindungi wajah dari bahaya sinar matahari

University of Queensland melalui penelitiannya memaparkan bahwa jenggot dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Sehingga, pria yang memelihara jenggot berisiko lebih rendah terkena kanker kulit.

2. Mencegah penuaan dini

Jenggot yang lebat juga berfungsi sebagai penghangat saat musim dingin. Penelitian dari Yale University mengatakan, suhu udara yang rendah dapat menyebabkan kulit cepat mengerut yang lantas mempercepat penuaan dini. Dengan adanya rambut jenggot, masalah pengerutan kulit itu dapat diatasi.

3. Mencegah penyakit tenggorokan

Rambut jenggot juga bisa mencegah penyakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan debu atau polutan dari udara dapat terfilter, sehingga tidak ikut terhirup ke dalam tubuh saat bernapas.

4. Mencegah munculnya jerawat

Secara tidak langsung, jenggot berperan sebagai lapisan antibakteri yang mampu mencegah inflamasi kulit. Rambut pada wajah ini dapat mengurangi kemungkinan infeksi bakteri, sehingga bisa mencegah munculnya jerawat.

5. Menunjang penampilan

Tak cuma bermanfaat bagi kesehatan, memelihara jenggot juga dapat menunjang penampilan. Bagi sebagian orang, pria berjenggot terlihat lebih berwibawa dan menawan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Itulah lima manfaat memelihara jenggot yang merpakan salah satu sunah Rasul. Tertarik untuk memanjangkan rambut pada wajah ini? 

Editor


Komentar
Banner
Banner