Darurat Karhutla

Sejumlah TPA di Jabar Kebakaran, Walhi: Ada Pembakaran Terbuka

Walhi soroti kebakaran di sejumlah TPA Jawa Barat (Jabar). Mereka menilai, penyebabnya adalah pembakaran sampah secara terbuka.

Featured-Image
Polisi dan mobil water canon diterjunkan untuk membantu pemadaman api di TPA Kopi Luhur, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/9/2023) malam.

bakabar.com, JAKARTA - Walhi soroti kebakaran di sejumlah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jawa Barat (Jabar). Mereka menilai, penyebabnya adalah pembakaran sampah secara terbuka.

Menurut Walhi, jika ada yang membakar sampah secara terbuka maka langsung dipamdamkan. Namun, sistem pembakaran terbuka itu dianggap lumrah dan dibiarkan begitu saja saat ini.

"Akhirnya bisa terjadi kebakaran yang sengaja," ujar Direktur Eksekutif Walhi Jabar, Meiki W Paendong kepada bakabar.com, Senin (11/9).

Baca Juga: TPA Kopi Luhur Cirebon Kebakaran, Ribuan Warga Mengungsi

Baca Juga: Imbas Kebakaran TPA Sarimukti, Sampah Menumpuk di TPS Kota Bandung

Agar kejadian kebakaran tidak terulang lagi, Meiki juga mendorong agar pemerintah daerah memaksimalkan pengelolaan TPA tersebut dengan pembagian sampah. Yakni organik dan non organik.

Sebelumnya diberitakan, TPA Kopi Luhur Cirebon, Jawa Barat mengalami kebakaran Sabtu (9/9). Akibatnya, ribuan warga mengungsi.

Selain itu, TPA Sarimukti di Bandung juga mengalami kebakaran. Sampai hari ini, petugas masih berusaha memadamkan titik api.

Editor


Komentar
Banner
Banner