Pemkab Tanah Laut

Screening Kesehatan Usia Produktif untuk PNS dan PTT Pemkab Tala Digelar

Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Puskesmas Angsau melakukan screening kesehatan usia produktif terhadap seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah

Featured-Image
Screening kesehatan usia produktif terhadap PNS Pemkab Tala. Foto-Ist

bakabar.com, PELAIHARI - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Puskesmas Angsau melakukan screening kesehatan usia produktif terhadap seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala untuk deteksi penyakit tidak menular (PTM), Kamis (2/3/2023).

Salah satunya SKPD di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tala (Diskominfo) Tala.

Pengelola Penyakit Tidak Menular ( PTM ) Puskesmas Angsau, Yani, menyampaikan bahwa pemeriksaan dilakukan untuk melihat seberapa kondisi kesehatan pegawai di SKPD Lingkup Pemkab Tala.

“Pemeriksaan ini, dalam rangka memantau kesehatan usia produktif, diperiksa tensinya, gula darahnya, asam urat dan kolesterol baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kabupaten Tala," katanya.

Yani mengatakan, seluruh pegawai yang hasil pemeriksaannya berada di atas normal untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan.

“Rutinlah untuk screening kesehatan agar dapat mengetahui tekanan darah, gula darah bahkan kolesterol agar terpantau, kalau terdapat hasil pemeriksaan yang tinggi boleh berperiksa ke puskesmas terdekat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Tala H Husein Irianta, mendukung sepenuhnya adanya pemeriksaan terhadap kesehatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PTT di seluruh SKPD.

"Dengan adanya screening kesehatan secara rutin sangat mendukung terhadap aktivitas seluruh pegawai, sehingga dapat melaksanakan tugas dalam keadaan yang fit dan jika ditemui indikasi gangguan kesehatan secara dini dapat melakukan pengobatan," pungkasnya.

Diketahui dari hasil pemeriksaan di Diskominfo Tala sebanyak 34 tenaga kerja, mempunyai riwayat hipertensi dan kolesterol cukup tinggi.

Adapun jenis pemeriksaan yang dilaksanakan, deteksi dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular. Timbang berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut, pertanyaan terkait merokok atau tidak, mendeteksi dini kanker leher rahim, penglihatan, pendengaran, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol.

Editor


Komentar
Banner
Banner