Peristiwa & Hukum

Satu ABK Kapal Penangkap Cumi Tenggelam di Muara Seruyan

Seorang anak buah kapal (ABK) berinisial NA (31), dari KM Sinar Samudra 3, sebuah kapal penangkap cumi tenggelam di muara perairan Kabupaten Seruyan.

Featured-Image
Tim gabungan SAR saat menyambangi KM Sinar Samudra 3, dalam upaya melakukan pencarian terhadap seorang ABK yang terjatuh di muara perairan Seruyan. Minggu (25/2/2024). Foto: Basarnas Kalteng

bakabar.com, SERUYAN - Seorang anak buah kapal (ABK) KM Sinar Samudra 3 berinisial NA (31) tenggelam di muara perairan Seruyan, Kalteng, Jumat (23/2) malam.

Upaya pencarian selama dua hari dari Sabtu hingga Minggu oleh tim gabungan belum membuahkan hasil.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palangka Raya AA. Alit Supartana mengungkapkan setelah menerima laporan dari pihak Satpolair Seruyan, SRU Pos SAR Sampit diterjunkan.

"Setelah kami berkoordinasi dengan instansi terkait dan nahkoda kapal, satu tim kami berangkatkan untuk lakukan pencarian dengan menggunakan RIB 01 Palangka Raya," kata Alit Supartana.

Dipaparkan, berdasarkan keterangan yang dihimpun melalui keterangan Nahkoda kapal KM Sinar Samudra 3, Darminto, NA terjatuh ke laut karena terpeleset saat ingin buang air sekitar pukul 23.05 WIB malam.

"Korban turun dari dek kapal untuk buang air, lalu terpeleset jatuh ke laut. Korban juga sempat meminta tolong dan mengulurkan tangan. ABK lainnya kejadian pada saat itu juga sempat melemparkan tali. Namun korban tidak dapat menjangkau tali lalu tenggelam," terang Alit Suparna, Minggu (25/2).

Kapal KM Sinar Samudra 3 sendiri merupakan kapal nelayan penangkap cumi yang berlayar dari Muara Baru Jakarta, dengan tujuan Perairan Seruyan.

Dilaporkan SAR yang terlibat dalam penarian antara lain Tim Rescue Pos SAR Sampit, TNI AL, Ditpolair Polda, Satpolair Seruyan, BPBD Seruyan dan nelayan setempat.

Hingga saat korban masih dalam pencarian.

Editor


Komentar
Banner
Banner