Kalsel

Satpolairud Polres HSU Fasilitasi Pendistribusian Bansos Banjir

apahabar.com, TANJUNG – Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres HSU memegang peran penting saat banjir…

Featured-Image
Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, kembali menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak banjir. Foto-Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres HSU memegang peran penting saat banjir melanda sejumlah wilayah di Hulu Sungai Utara (HSU).

Hal itu dibuktikan dengan memfasilitasi pendistribusian bantuan sosial (bansos) berupa sembako kepada masyarakat terdampak banjir di Desa Terate, Kecamatan Banjang. Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan turut menyerahkan bantuan tersebut.

Dengan menggunakan perahu karet Satpolairud Polres HSU membawa dan memandu Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan berkeliling menerobos debit air setinggi pinggang orang dewasa.

“Peninjauan langsung ke lokasi banjir ini memang penting, kita jadi tahu situasi kondisi warga yang prioritas memerlukan pertolongan, sementara akses jalan ke lokasi hanya bisa ditempuh dengan sarana apung," ujar Kasat Polairud Polres HSU AKP Ashari, Kamis (21/1).

Jauh hari Kapolres HSU mengadakan pengecekan sarana prasarana (sarpras) dan memerintahkan untuk cek dan pelihara kondisi seperti sarana apung dalam kesiapsiagaan banjir.

“Hal itu memang benar, saat seperti inilah, kita menggunakannya,” ucap AKP Ashari.

“Untuk sarpras yang ada di Satpolairud Polres HSU saat ini dalam kondisi baik dan siap dioperasionalkan. Bagi warga yang memerlukan bantuan, termasuk evakuasi dari lokasi banjir,” sambungnya.

Terpisah, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, melalui Kasubag Humas AKP Alam SW mengatakan, semua sarpras yang ada di Polres HSU harus siap pakai, manakala diperlukan tidak ada alasan tidak siap.

Terkait bantuan sembako kepada warga terdampak banjir, menurutnya ini merupakan bentuk empati kepada warga.

“Semoga bantuan ini dapat sedikit membantu kebutuhan pokok warga yang mengalami musibah banjir,” jelas Afri.

Dalam kesempatan tersebut tak lupa Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, mengimbau warga untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan agar tidak menambah penyebaran Covid-19 dan tetap waspada menyikapi berbagai masalah.

“Saat ini di setiap kecamatan dan desa sudah ada Posko penanggulangan banjir, jadi silahkan warga yang belum mendapat bantuan atau memerlukan pertolongan, bisa mendatangi posko terdekat,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner