Peristiwa & Hukum

Satlantas Polresta Banjarmasin Amankan 694 Pelanggar dalam Operasi Zebra Intan 2023

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banjarmasin berhasil menjaring ratusan pengendara dalam Operasi Zebra Intan 2023.

Featured-Image
Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, Kompol Taufiq Qurahman. Foto-apahabar.com/Amrullah

bakabar.com, BANJARMASIN - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banjarmasin berhasil menjaring ratusan pengendara dalam Operasi Zebra Intan 2023.

Operasi Zebra Intan ini telah dilaksanakan selama dua pekan atau 14 hari, mulai dari Senin, 4 sampai Minggu, 17 September kemarin.

Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, Kompol M Taufiq Qurahman mengatakan, selama Operasi Zebra Intan 2023 berjalan, pihaknya berhasil menjaring total 694 pengendara melakukan pelanggaran.

"Semua pelanggaran itu terbagi menjadi 4 item yaitu, ETLE Statis 24 perkara, ETLE Mobile 7 perkara, Tilang Manual 180 perkara, dan Teguran 483 perkara," ujar Kompol Taufiq, saat ditemui awak media di halaman Mapolresta Banjarmasin, Senin (18/9/2023) sore.

Selain itu, Kompol Taufiq mengungkapkan, pihaknya juga melakukan giat Dikmas Lantas dilakukan sebanyak 1.801 kali.

"Terbagi menjadi dua, penerangan dan penyuluhan sebanyak 290 kali, penyebaran dan pemasanan spanduk operasi dan imbauan keselamatan lalu lintas dalam rangka dalam Operasi Zebra sebanyak 1.496 kali," katanya.

Selama berjalannya Operasi Zebra tersebut, kata Kompol Taufiq, sempat mengamankan pengendara yang masih berstatus pelajar.

“Jumat siang kemaren ada kita amankan, karena berkendara secara tidak tertib, di Jalan Mulawarman Banjarmasin,” kata Kompol Taufiq.

Sementara itu dalam operasi ini, pihaknya mendapatkan dua kasus kecelakaan. "Alhamdulillah dalam kejadiaan itu tidak ada korban meninggal dunia, tapi yang dialami kerugian sebanyak 1 juta rupiah," ujarnya.

Tak lupa, ia juga berpesan kepada masyarakat agar mematuhi aturan berlalu lintas. Khususnya kepada orang tua agar memperlihatikan anak-anaknya untuk tidak berkeliaran di jalan raya.

"Terutama di jam yang sangat rawan sekitar pukul 22.00 sampai jam 01.00 dini hari, kalau bisa tidak usah berkeliaran," pesannya.

Editor
Komentar
Banner
Banner