Borneo Hits

Samakan Persepsi Soal Akreditasi Lembaga Pendidikan, BAN-PDM Kalsel Gelar Rakor Daerah

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN-PDM) Kalimantan Selatan menggelar rapat koordinasi daerah sejak 27 hingga 28 April 2024 di Rattan

Featured-Image
Pelaksanaan rakor daerah Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN-PDM) Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Sabtu (28/4). Foto: bakabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN-PDM) Kalimantan Selatan menggelar rapat koordinasi daerah sejak 27 hingga 29 April 2024 di Rattan Inn Hotel Banjarmasin.

Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah stakeholder seperti Dinas Pendidikan, Kanwil Kementerian Agama, Himpaudi, hingga Forum Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM).

"Melalui rapat koordinasi, kami berusaha menyamakan persepsi antara badan akreditasi PAUD, pendidikan dasar dan menengah yang tergabung dalam BAN-PDM," papar Ketua BAN-PDM Kalsel, Eddy Khairuddin, kepada bakabar.com.

Diketahui sepanjang 2024, BAN-PDM Kalsel mendapatkan target yang besar. Hanya untuk PAUD, mereka ditargetkan mengejar 900 sasaran.

Kemudian PKBM dan Pendidikan Dasar Menengah (PDM) sebanyak 225 sasaran. Artinya mereka harus menyelesaikan total 1.125 sasaran.

"Kami mendapatkan tugas yang cukup banyak sepanjang 2024 untuk menyelesaikan akreditasi pendidikan di Kalsel," imbuh Eddy.

"Termasuk untuk menyatukan data di kabupaten/kota dengan provinsi, serta menyamakan kebijakan-kebijakan di Kementerian Agama," tambahnya.

Akreditasi sendiri bukan sekadar pemberian label atau sertifikat, juga merupakan suatu proses evaluasi komprehensif terhadap lembaga pendidikan.

Pun akreditasi membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lembaga tersebut, serta memberikan panduan untuk perbaikan yang berkelanjutan.

"Alhamdulillah pelaksanaan rakor daerah berjalan lancar. Semoga hasil koordinasi bisa diwujudkan," timpal Rusma Noortyani selaku ketua pelaksana.

Editor


Komentar
Banner
Banner