Kalsel

Salat Id di Sabilal Muhtadin, Paman Birin akan Serahkan Sapi Kurban

apahabar.com, BANJARMASIN – Kementerian Agama telah menetapkan hari raya Iduladha 1440 Hijriah jatuh pada 11 Agustus…

Featured-Image
Ilustrasi, salat Id di Masjid Sabilal Muhtadin. Foto – Duta tv.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Kementerian Agama telah menetapkan hari raya Iduladha 1440 Hijriah jatuh pada 11 Agustus mendatang. Seperti biasa, Masjid-masjid besar di penjuru negeri akan disibukkan dengan persiapan Salat Id maupun kegiatan berkurban.

Sebagai Masjid provinsi dan terbesar di Kalsel, panitia pengurus Masjid Raya Sabilal Muhtadin juga memastikan akan memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah yang datang. Berkaca dari tahun sebelumnya, Masjid Sabilal Muhtadin akan dipadati hingga puluhan ribu orang.

Baca Juga: H-2 Hari Raya Kurban, Hewan Kambing Sepi Peminat

"Biasa seperti tahun-tahun sebelumnya di lapangan terbuka, menggunakan tenda (mengarah) di depan gedung Mahligai. Untuk ibu-ibunya kita arahkan di masjid," ucap Ketua Panitia Iduladha 1440 Hijriah dan Ibadah Kurban, Fahruzaini saat ditemui di Sekretariat Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Jumat (09/08) Pagi.

Guru KH Mukri Yunus rencananya akan bertindak sebagai khatib, iasendiri merupakan ketua PW Ikatan Pondok Pesantren Kalsel. Lalu sebagai imam salat akan dipimpin oleh KH Abdurrahman.

Salat akan dilaksanakan pukul 07.15 Wita. Jemaah laki-laki akan dipusatkan di halaman barat, sedangkan Jemaah wanita akan memenuhi ruang induk Masjid Raya Sabilal Muhtadin

"Perbedaannya dari segi waktu, kalau Iduladha lebih awal. Jam 7 itu, Insyaallah sudah kita mulai persiapannya," katanya.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dijadwalkan juga akan memberikan sambutan pada pagi itu. Selanjutnya Paman Birin sapaan akrabnya akan menyerahkan secara simbolis hewan kurban.

"Pelaksanaannya hari senin. Biasanya hari ke 11 (Bulan Dzulhijah) atau satu hari setelah hari raya Iduladha," terangnya.

Baca Juga: Bungkus Daging Kurban, Warga Tanbu Diimbau Tak Gunakan Kantong Plastik

Reporter: Musnita Sari
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner